Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Iklan

JATMAN Kabupaten Blitar Resmi Bentuk Kepengurusan Idaroh Ghusniyah di Kecamatan Sanankulon

Juni 13, 2024 WIB
    Share

 

JATMAN Kabupaten Blitar Resmi Bentuk Kepengurusan Idaroh Ghusniyah di Kecamatan Sanankulon

MATABLITAR.COM - Jam'iyyah Ahlith Thariqoh Al-Mu'tabaroh An-Nahdliyah (JATMAN) adalah salah satu Badan Otonom Nahdlatul Ulama (NU). Didirikan di Tegalrejo Kabupaten Magelang pada tanggal 10 Oktober 1957.


JATMAN mengoordinasikan pengamal Thiroqoh yang Mu'tabaroh, sanadnya tersambung sampai Rasulullah SAW.


Kepengurusan JATMAN di tingkat Nasional adalah Idaroh Aliyah, di tingkat Provinsi disebut Idaroh Wustho, dan di tingkat Kota/Kabupaten disebut Idaroh Syu'biyah.


Di Kabupaten Blitar, kepengurusan Idaroh Syu'biyah telah di tetapkan pada tanggal dan telah dilantik pada tanggal 13 Juni 2021 di Aula Graha NU Kabupaten Blitar.


Kepengurusan Idaroh Syu'biyah terdiri dari Majlis Ifta' wal Irsyad, Ifadliyah, Imdloiyah, dan Imdadiyah.


Rois Majlis Ifta' wal Irsyad Idaroh Syu'biyah Kabupaten Blitar  untuk masa hidmad 2021-2026 adalah KH Diyauddin Zamzami.


Di jajaran Ifadliyah Rois KH M Hasyim Jalal dan Katib Ustadz H Bisri Mustofa, S.Pd.I. Di Jajaran Imdloiyah dengan Mudir KH Asroni dan Sekretaris KH Rohmat Khudlori, S.Ag., M.H.


Terdapat lima Thariqoh Al-Mu'tabaroh yang dikoordinir oleh Idaroh Syu'biyah Kabupaten Blitar, yaitu Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah, Thariqoh Naqsabandiyah Kholidiyah, Thoriqoh Sathoriyah, Thoriqoh Tijaniyah, dan Thoriqoh Syadziliyah.


Ditingkat Kecamatan kepengurusan JATMAN disebut Idaroh Ghusniyah. Saat ini telah terdapat enam Kecamatan yang telah menyusun kepengurusan Idaroh Ghusniyah, yaitu Kecamatan Gandusari, Kecamatan Kesamben, Kecamatan Wates, Kecamatan Kanigoro, Kecamatan Garum, dan yang terbaru Kecamatan Sanankulon.


Kemarin, hari Rabu tanggal 12 Juni 2024 perwakilan Thariqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah, Thariqoh Naqsabandiyah Kholidiyah, Thoriqoh Sathoriyah, Thoriqoh Tijaniyah, dan Thoriqoh Syadziliyah yang ada di Sanankulon berkumpul di rumah Bapak Ramelan Desa Gledug Kecamatan Sanankulon.


Perwakilan pengurus Thoriqoh tersebut berkumpul untuk menyusun kepengurusan Idaroh Ghusniyah JATMAN Sanankulon. Hadir dalam acara tersebut KH Mukromun, Rois MWC NU Sanankulon dan KH Habib Zunaidi, Ketua MWC NU Sanankulon.


Sejumlah Pengurus Idaroh Syu'biyah JATMAN Kabupaten Blitar juga hadir. Di antara yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Rois, Mudir, Sekretaris, dan sejumlah pengurus lainnya.


Musyawarah tersebut menghasilkan keputusan memilih Pengurus  Idaroh Ghusniyah JATMAN Sanankulon masa hidmad 2024-2028.


KH Nuraini sebagai Rois Majlis Ifta' wal Irsyad dengan anggota KH Bahrudin. Di Jajaran Ifadliyah KH M Syafia sebagai Rois, Ustadz Alib sebagai Rois Awal, Ustadz Cuku Buana sebagai Katib, Ustadz Atik Priyanto sebagai Katib Awal.


Sedangkan di Jajaran Imdloiyah Kyai Muhtarom sebagai Mudir, Kyai Tarkin sebagai Mudir Awal, Ustadz Khoirul Anwar sebagai Sekretaris, Ustadz Ulin Nasikh Sebagai Sekretaris Awal, Kyai Samsudin sebagai Aminus Shunduq, dan Ustadz Munib Mahmudi sebagai Aminus Shunduq Awal. (Wildy/red)

Iklan