Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Iklan

Kejurcab III Pagar Nusa Kab. Blitar: Merajut Silaturahmi Melalui Pencak Silat

Juni 29, 2024 WIB
    Share

 

Pembukaan Kejuaraan Cabang III Pagar Nusa Kab. Blitar di Pondok Pesantren Jati Sanan Kamulan Talun (Foto By; Bima Tranata)

MATABLITAR.COM - Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Blitar kembali menyelenggarakan Kejuaraan Cabang (Kejurcab) III dengan semangat yang tinggi.


Organisasi pencak silat yang didirikan oleh KH. Abdullah Maksum Jauhari pada 3 Januari 1986 ini terus berkomitmen dengan visi menjadikan PSNU Pagar Nusa sebagai wadah untuk mengajak masyarakat lebih dekat dengan pondok pesantren atau lembaga agama islam lainnya.


Hal tersebut diungkapkan oleh Saiful Ahmad selaku ketua Panitia dalam pembukaan Kejurcab III Pagar Nusa yang berlangsung pada Jumat, 28 Juni 2024.


Kegiatan Kejurcab III ini berlangsung di Pondok Pesantren Jati Sanan Kamulan Talun Blitar, dan akan diadakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 28 hingga 30 Juni 2024.


"Kejuaraan ini merupakan bagian dari program kerja PC Pagar Nusa Kabupaten Blitar yang dipimpin oleh H. Adib Zamhari, yang berupaya mengukuhkan Pagar Nusa sebagai wadah bagi para pencinta pencak silat," terang Saiful.


Antusiasme peserta pada Kejurcab III ini sangat tinggi. Tercatat, sebanyak 280 peserta turut serta dalam kejuaraan ini, menunjukkan minat yang besar terhadap olahraga pencak silat dalam naungan Nahdlatul Ulama.


Selain itu, panitia juga mendapatkan dukungan dari berbagai sponsor, menandakan dukungan masyarakat luas terhadap kegiatan ini.


Foto By: Bima Tranata


Masih Saiful, pihaknya juga menyampaikan bahwa tujuan utama dari kejuaraan ini adalah untuk menjaring kader-kader atlet silat muda yang berpotensi untuk maju ke tingkat provinsi bahkan nasional.


Ini merupakan langkah strategis untuk membina generasi muda agar dapat mengharumkan nama daerah di kancah yang lebih tinggi.


Sementara itu, Muhammad Mahmudi, Wakil Ketua PC PSNU Pagar Nusa Kabupaten Blitar, menyampaikan harapannya agar Kejuaraan Cabang Pagar Nusa dapat menghasilkan atlet-atlet yang mampu bersaing di jenjang yang lebih tinggi.


"Adanya kejuaraan ini menjadi bukti bahwa pencak silat dapat menjadi sarana yang efektif untuk membina mental dan fisik generasi muda," tutur Mahmudi.


Selain pertandingan, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar anggota Pagar Nusa dari berbagai wilayah. Para peserta dapat saling bertukar pengalaman dan pengetahuan, sehingga memperkuat jaringan dan persaudaraan di antara mereka.


Dengan adanya Kejurcab III ini, diharapkan semakin banyak masyarakat generasi muda yang tertarik untuk bergabung dan mendalami PSNU Pagar Nusa.


Kejuaraan ini juga diharapkan dapat menginspirasi pondok pesantren dan lembaga agama Islam lainnya, untuk turut serta dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat dan potensi generasi muda.


PSNU Pagar Nusa percaya bahwa melalui pencak silat, dapat berkontribusi lebih banyak dalam membangun karakter dan kepribadian yang tangguh di kalangan pemuda khususnya. (Nesa A.S/red).

Iklan