Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Iklan

Takbir Keliling IPNU IPPNU Meriahkan Idul Adha di Desa Ponggok

Juni 17, 2024 WIB
    Share

 

Takbir Keliling IPNU IPPNU Meriahkan Idul Adha di Desa Ponggok ( Foto by; Kusuma)

MATABLITAR.COM - Ponggok - Malam ini, 16 Juni 2024, bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1445 Hijriah, umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha. Seperti tradisi Idul Fitri, Idul Adha juga dimeriahkan dengan takbir.


Pimpinan Ranting IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Desa Ponggok, menggelar acara takbir keliling yang mengundang seluruh Madarasah Diniyah (Madin) di Desa tersebut.


Kegiatan ini menawarkan hadiah bagi peserta terbaik dari juara 1 hingga 3, yang dinilai berdasarkan kriteria tertentu oleh panitia.


Selain itu, panitia juga memberikan kupon undian kepada seluruh santri yang berpartisipasi, menambah daya tarik kegiatan ini.


“Kami memberikan hadiah kepada Juara 1, 2, dan 3 bagi peserta terbaik. Selain itu, untuk menarik minat peserta, kami juga memberikan berbagai doorprize melalui undian kupon,” ujar Muhammad Da’i Muhtar, ketua pelaksana kegiatan.


"Peserta yang kami undang berasal dari seluruh Madarasah Diniyah di Desa Ponggok," tambahnya saat ditemui awak media.


Hadiah untuk Para Juara dan Berbagai Macam Doorprize (foto by; Kusuma)

Dalam penilaian, Madin Darul Muttaqien meraih Juara 3, Madin Mambaul Hikmah Juara 2, dan Madin Sabilul Hidayah Juara 1. Penilaian didasarkan pada kreativitas menghias kendaraan dan kekompakan para santri.


Lebih dari 50 kendaraan ikut dalam takbir keliling ini. Beberapa di antaranya dilengkapi dengan sound system untuk melantunkan takbir, serta kendaraan bak terbuka untuk mengangkut para santri.


Tidak ada peserta yang berjalan kaki karena jarak tempuh yang cukup jauh, yaitu sekitar 4,5 kilometer. Titik start dan finish berada di Madin Al Hidayah, Dusun Jagoan, dengan rute yang melintasi Dusun Jagoan, Dusun Pulerejo, dan Dusun Sumbernanas.


“Takbir keliling ini sudah berlangsung selama sekitar 4 tahun terakhir, dan kami berharap bisa menjadi agenda rutin tahunan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha,” pungkas Da’i.


Kegiatan ini juga melibatkan Banser NU sebagai satuan keamanan untuk membantu mengamankan jalannya kegiatan dan mengatur lalu lintas di rute yang dilewati.


Kasatkorpok Banser Memberi Instruksi Kepada Personil yang Bertugas Mengamankan Kegiatan Takbir Keliling (foto by; Kusuma) 

Dipimpin oleh Nurohman, Kepala Satuan Koordinasi Kelompok (Kasatkorpok) Banser Desa Ponggok, sebanyak 15 personil dikerahkan untuk mengawal kelancaran acara ini. (Fitasari/Red)

Iklan