Berita

Sabtu, 1 Desember 2018 - 09:16 WIB

11 bulan yang lalu

logo

Bawa Kayu Ilegal, Satu Warga Sutojayan Diamankan Petugas

Matablitar.com – Telah terjadi penangkapan terhadap pencurian kayu pada selasa (27/11/2018). Dari kejadian tersebut ditangkap tersangka atas nama sutarmin (42) warga desa sumberjo, Kecamatan sutojayan.

Kejadian bermula pada saat petugas perhutani KRPH Rampalombo, sedang melaksanakan kegiatan patroli gabungan bersama peleton khusus KPH Blitar, terdiri dari Pabin KPH Blitar, KRPH Banaran dan Polmob, kemudian mengetahui Terlapor sedang membawa gerobak yang berisikan 3 batang kayu jati ukuran Panjang 3 Meter Diameter 13 Cm.

Mengetahui hal tersebut, Selanjutnya petugas menghadang Terlapor dan menginterogasi darimana asal usul kayu tersebut, dari keterangan Terlapor diketahui bahwa kayu tersebut didapat dari hutan.

Selanjutnya dilakukan pengecekan, dan benar bahwa kayu tersebut berasal dari hutan Petak 79 b, tanaman tahun 2002 RPH Rampalombo BKPH Lodoyo Timur masuk Ds. Bacem Kec. Sutojayan Kab. Blitar. Kemudian tim patroli gabungan mengamankan Terlapor ke Polsek Lotim untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Dari hasil penyelidikan petugas mengamankan barangbukti berupa 1 (satu) buah gerobak dari kayu, 3 (tiga) batang kayu jati glondong dengan rincian Panjang 3 Meter X 13 Cm dan 1 (satu) buah Gergaji tangan, Kerugian yang ditimbulkan dari kejadian tersebut ditaksir mencapai Rp26.000.000.-

Penyidik mengatakan bahwa terlapor dengan sengaja menebang, mengangkut, menguasai atau memiliki kayu hutan yang tidak dilengkapi dengan surat- surat yang Syah.

“Dari hasil penyelidikan, terlapor dapat dijerat Pasal 12 huruf (b),(d),(e) jo Pasal 82 Ayat 1 huruf b jo Pasal 83 ayat 1 huruf a dan b UU. RI. Nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, selanjutnya akan dilaksanakan lacak balak tunggak”, ungkap penyidik. (Sulis Sindu Wasoni)

 

Reporter : Redaksi

Editor :


Artikel ini telah dibaca 137 kali

Loading...
Baca Lainnya