Ekonomi

Senin, 10 Desember 2018 - 21:57 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Kuatkan Pengusaha Muda Mandiri, Pemkab Blitar Selenggarakan Mentoring Business

MATABLITAR.COM- Demi menumbuhkan dan menguatkan sektor wira usaha di Kabupaten Blitar, Pemerintah Kabupaten Blitar menggandeng USAID-JAPRI selenggarakan mentoring Business Model Canvas, Minggu (09/12/2018).

Sebagaimana disampaikan Hari Widodo selaku kepala bidang pemasaran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Blitar, bahwa mentoring Business Model Canvas (BMC) ini, adalah tahapan ketiga dari progam audisi pengembangan wirausaha (ABANGWIRA) Kabupaten Blitar.

Tahap pertamanya adalah sosialisasi dan penjaringan peserta, kemudian seleksi administrasi, yang lolos lalu diundang mengikuti kegiatan Business Motivation Workshop (BMW), selanjutnya peserta diambil 100 terbaik untuk mengikuti Business Model Canvas (BMC), yang terakhir peserta di saring lagi diambil 45 untuk diberikan pendampingan usaha selama enam bulan.

“Peserta ABANGWIRA ini selain warga Kabupaten Blitar yang usianya 18-30 tahun, juga kita prioritaskan peserta dari unsur perempuan, difabel, dan dari keluarga kurang mampu. Informasi pendaftaran dibuka selama 14 hari, Pendaftarnya mencapai 466 peserta, tapi setelah diseleksi administrasi, yang lolos sebanyak 320, dan setelah dikonfirmasi yang siap mengikuti BMW selama dua hari tinggal 240 peserta” tutur Widodo.

Pihaknya menambahkan bahwa dari 240 peserta, kemudian diambil 100 peserta terbaik untuk mengikuti BMC, yang di selenggarakan 4 hari pada tanggal 08-11 Desember 2018, bertempat di gedung Bumdes Lestari desa karangsono kecamatan Kanigoro.

“Dalam acara BMC kali ini, Para peserta diajari bagaimana cara menggali ide usaha, menganalisis potensi usaha tersebut, hingga menentukan strategi apa yang tepat untuk kondisi usaha” pungkas Widodo. (Dairobi)


Artikel ini telah dibaca 783 kali

Loading...
Baca Lainnya