Berita Edukasi Wisata & Budaya

Selasa, 20 Agustus 2019 - 08:13 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Pegiat Lingkungan WCD 2019 Saat Bersihkan Bantaran Sungai

Pegiat Lingkungan WCD 2019 Saat Bersihkan Bantaran Sungai

Di Blitar, Pegiat Lingkungan WCD 2019 Peringati Kemerdekaan Dengan Bersihkan Sampah

MATABLITAR.COM– Setiap daerah memiliki banyak cara untuk memperingati HUT RI ke 74, jika kebanyakan memperingatinya dengan cara upacara bendera, di Blitar ada pegiat lingkungan yang mengatasnamakan WCD 2019 (World Clean up Day 2019) mengadakan giat dalam perayaan kemerdekaan RI, dengan cara memungut sampah di bantaran sungai Ploso Arang Sanankulon pada Sabtu, (17/08/2019)

Menurut Aluk Sanjaya selaku koordinator Pegiat lingkungan WCD 2019, Kegiatan ini dilatarbelakangi dari hasil survey di saluran sungai, penelusuran kurang lebih sejauh 4 km, dan ditemukan banyak jenis sampah sampah.

Mayoritas jenis sampah plastik pempes dan sisa sisa pengolahan makanan juga pakaian. Melihat peristiwa tersebut pihaknya beserta pegiat lingkungan WCD terpanggil untuk peduli.

“kami merasa terpanggil, karena jika kondisi tersebut terus dibiarkan akan berdampak negatif, baik terhadap kwalitas maupun kwantitas air, tanah dan juga ekosistem”. Tutur Aluk

“Dengan giat pembersihan sampah di bantaran sungai ini, kita berharap semoga bisa menggugah kesadaran manusia dalam proses menciptakan lingkungan bersih lestari dan asri” tambahnya.

Sementara itu, pihaknya menyarankan kepada pemerintah perlunya ada sosialisasi yang menyeluruh pada masyarakat, khususnya warga tepian atau daerah aliran sungai akan pentingnya menjaga dan merawat ekosistem lingkungan.

Hal lain yang disampaikan, para pegiat lingkungan ini juga menyarankan penyediaan tong sampah di tempat-tempat umum, perlu diperbahatikan.

“Persoalan sampah, ini bukan tugas pemerintah ataupun masyarakat daerah aliran sungai saja, mari jadikan titik balik kesadaran kita bersama akan dampak dampaknya terhadap kehidupan” pungkas Aluk.

 

Reporter : Udin

Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 153 kali

Loading...
Baca Lainnya