Berita Peristiwa

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 15:49 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Panggung UKM Saat Talksow Kewirausahaan di Pasar Soraya Desa Banggle Kecamatan Kanigoro

Panggung UKM Saat Talksow Kewirausahaan di Pasar Soraya Desa Banggle Kecamatan Kanigoro

Di Pasar Soraya, Panggung UKM Tebar Semangat Kewirausahaan

MATABLITAR.COM– Panggung UKM yang merupakan layanan mobil sebagai media promo wirausaha dan UKM, tampak menggelar acara talksow kewirausahaan di halaman Pasar Soraya Desa Banggle Kecamatan Kanigoro pada Sabtu, (31/08/2019).

Kali ini Panggung UKM bersinergi dengan Pegadaian Kantor Wilayah Jawa Timur, Dinas Koperasi Kabupaten Blitar, dan juga Pemerintah Desa Banggle.

Tampak puluhan peserta dari warga Desa Banggle dan sekitarnya antusias mengikuti setiap sesi panggung UKM, mereka bersemangat menerima materi kewirausahaan yang disampaikan langsung oleh pelaku UKM.

Abdul Aziz selaku tim panggung UKM sekaligus pegiat ekonomi desa menyampaikan kepada awak media, dengan hadirnya Panggung UKM, pihaknya berharap bisa mendorong pertumbuhan UKM di desa desa.

“Banyak lapangan usaha yang bisa dibuka di desa sendiri. Berbasis sumber daya alam yang melimpah. Dan pasar potensial yang bisa ditembus dengan kreatifitas” tutur lelaki yang familier disapa Kang Aziz

“kita coba bersinergi dengan Dinas Koperasi dan juga Pegadaian, karena mereka adalah partner strategis untuk memecahkan permodalan, agar UMKM yang baru rintisan dapat berkembang, dan muncul wirausaha-wirausaha baru di setiap desa” imbuhnya.

Sentara itu, Nurhayanto selaku Deputy Operasional PT Pegadaian (Persero) – Kantor Wilayah XIII Jawa Timur. Usai acara, pihaknya mengatakan siap untuk membantu UMKM Blitar.

“iya kami dari Pegadaian siap membantu UMKM di Blitar. Pegadaian itu punya banyak produk yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Di sini, masyarakat bisa berinvestasi, bisa menjadikan bank sampah menjadi emas, kemudian bisa segera mendapatkan kursi naik haji hanya dengan syarat yang ringan” ujarnya.

“Bunganya rata-rata hanya 1% ada juga yang tidak ada bunganya bahkan untuk pengusaha itu hanya 0,3%. Kemudian yang tanpa agunan juga ada intinya kita memudahkan masyarakat” tandasnya.

Sejalan dengan itu, Tuti Komaryati selaku Plt Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Blitar, mengatakan Pemerintah punya program Blitar libas sampah plastik, yang bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan Pegadaian juga panggung UKM.

“Kabupaten Blitar punya program Balistik (Blitar libas sampah plastik) jadi semua acara kita hindari menggunakan plastik ” ujar Tuti.

“Ternyata pegadaian dapat menampung plastik-plastik dan bisa ditebus. Kita semua barusaja ketemu Bupati Blitar dan disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Blitar siap berkerjasama dengan Pegadaianan dalam memajukan UMKM” pungkasnya.

 

Reporter : Udin

Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 228 kali

Loading...
Baca Lainnya