Berita Edukasi Mata Desa

Rabu, 21 Agustus 2019 - 14:32 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Sharing Usaha dan Inisiasi Pembentukan Paguyuban KGSM Kecamatan Talun

Sharing Usaha dan Inisiasi Pembentukan Paguyuban KGSM Kecamatan Talun

Ingin Perkuat Usaha, Puluhan Keluarga Graduasi Sejahtera Mandiri di Kecamatan Talun Inisiasi Bentuk Paguyuban

MATABLITAR.COM– Rabu, (21/08/2019) sekelompok Keluarga Graduasi Sejahtera Mandiri (KGSM) di kecamatan Talun berinisiasi membentuk sebuah paguyuban, dengan harapan ingin menguatkan usaha yang sedang mereka jalankan.

KGSM ini adalah keluarga yang dulunya menjadi anggota Progam Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Talun, tetapi telah mengundurkan diri dari kepesertaan progam dikarenakan sudah sejahtera.

Menurut Ana Sofiana selaku salah satu pendamping PKH di Kecamatan Talun, gagasan paguyuban ini berawal dari pertemuan terbatas, tentang shering usaha antara keluarga GSM, beserta seluruh pendamping PKH Kecamatan Talun, dan di hadiri Iwan Hendrawan selaku supervisor PKH Kab. Blitar.

Kemudian dari sharing usaha yang bertempat di rumah Wiwik, tepatnya di daerah lingkungan Keningaran Kelurahan Bajang tersebut, ibu ibu KGSM sejumlah 14 san orang yang tersebar di beberapa Desa/Kelurahan Kecamatan Talun ini ingin membentuk paguyuban.

“Dari sharing usaha, kemudian muncul dari mereka keinginan membentuk paguyuban, untuk menguatkan usaha masing-masing. Nama paguyuban nya apa, pengurusnya siapa dan sekretariatnya dimana akan dibahas di lain waktu lagi” tutur Ana.

“Ibu ibu ini kesemuanya Alhamdulillah sudah punya usaha, ada yang produksi kripik usus, penjual gorengan, penjual cilot, warung makan, reseller baju baju, produsen batako dan lain sebagainya” terangnya.

Sementara itu Iwan Hendrawan, selaku supervisor PKH Kabupaten Blitar menanggapi positif gagasan pembentukan paguyuban tersebut, pihaknya mengatakan bahwa dengan adanya paguyuban ini, akan bisa menginspirasi KPM PKH aktif, juga bisa jadi wahana menguatkan usaha antar anggota paguyuban.

“Bagus, disatu sisi paguyuban keluarga graduasi sejahtera mandiri ini bisa menginspirasi peserta PKH aktif, dan kedepannya juga bisa menjadi wahana saling mengutkan usaha antar anggota” kata Iwan.

Sejalan dengannya, Putut Dairobi selaku koordinator pendamping PKH Kecamatan Talun menyampaikan, bahwa pihaknya beserta semua pendamping di Kecamatan Talun, siap mengawal dan mendampingi keberadaan paguyuban.

“Jika nantinya benar terbentuk, kami semua pendamping PKH di Kecamatan Talun siap mengawal juga mendampingi, dan membantu kendala maupun kebutuhan dari paguyuban ini” tutur Putut di ahir acara shering usaha.

 

Reporter : Rohman

Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 119 kali

Loading...
Baca Lainnya