Berita Edukasi Wisata & Budaya

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 13:25 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Prosesi Upacara Kemerdekaan RI ke 74 di Bantaran Sungai Brantas Wisata konservasi alam Badher Bank

Prosesi Upacara Kemerdekaan RI ke 74 di Bantaran Sungai Brantas Wisata konservasi alam Badher Bank

Upacara Bendera di Sungai, Warga Blitar Berharap Agar Generasi Mendatang Tetap Peduli Pada Konservasi Alam

MATABLITAR.COM– Hari ini Sabtu, (17/08/2019) merupakan hari peringatan kemerdekaan RI ke 74. Jutaan warga Indonesia merayakan kemerdekaan dengan melaksanakan upacara bendera.

Salah satunya seperti yang dilakukan warga Blitar di Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun ini tergolong cukup unik, mereka menggelar upacara kemerdekaan RI ke 74 di bantaran Sungai Brantas, tepatnya di Wisata konservasi alam Badher Bank. Puluhan warga mengikuti upacara dengan peralatan seadanya.

Sejak pagi mereka sudah sibuk menyiapkan semua perlengkapan seperti soundsystem, tiang bendera dan bendera merah putih. As’ad Faisal selaku ketua pelaksana menyampaikan kepada awak media bahwa upacara ini dilaksanakan atas inisiatif warga dan juga Mahasiswa Brawijaya Malang.

Selain upacara, peserta juga sekaligus dapat berwisata di tempat ini dikarenakan memang Badher Bank adalah salah satu destinasi wisata Ikan Air Tawar yang ramai dikunjungi pengunjung terutama saat hari libur.

Menurut As’ad upacara ini sengaja digelar di Pinggir Sungai Brantas karena memiliki beberapa harapan diantaranya adalah menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap alam khususnya konservasi Sungai.

“Iya jadi kita mengajak warga dan juga mahasiswa Universitas Brawijaya Malang selaku mitra kami untuk upacara di sini, harapan kami agar supaya masyarakat peduli terhadap lingkungan terutama air Sungai” tutur As’ad

“Di tempat wisata ini memang terlihat bersih, itu karena kami selalu menjaganya. Banyak ditempat-tempat lain sampah menjadi pemandangan di aliran sungai, itu yang membuat kami prihatin” tandasnya.

As’ad Faisal menambahkan, bahwa selama ini Pokmaswas Fajar Bengawan Desa Tawangrejo selaku pengelola wisata konservasi alam Badher Bank, yang diketuai Mohamad Sonhadi sudah menjalin kerjasama dengan Mahasiswa Universitas Brawijaya, dan sudah melakukan terobosan-terobosan inovatif untuk memajukan wisata Badher Bank.

Lebih jauh As’ad berharap semoga kedepan masyarakat khususnya generasi muda, akan tetap peduli terhadap pentingnya menjaga kebersihan sungai

“Semoga kedepan, masyarakat dan generasi muda akan tetap sadar dan peduli terhadap kebersihan Sungai, sehingga anak cucu puluhan tahun kedepan tetap dapat menikmati dan terus menjaga keindahan Sungai Brantas, karena air adalah sumber kehidupan untuk manusia” pungkas As’ad.

 

Reporter : Udin

Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 228 kali

Loading...
Baca Lainnya