Peringati Muharram 1441 H, YARGIS Kota Blitar Gelar Santunan Anak Yatim dan Pengajian

Pengajian Akbar dan Santunan Anak Yatim oleh Yayasan Rukun Ginawa Sentosa (YARGIS) Kota Blitar, Minggu, (29/09/2019).

MATABLITAR.COM– Dalam rangka memperingati Muharram 1441 H, Yayasan Rukun Ginawa Sentosa (YARGIS) Kota Blitar, menggelar kegiatan Pengajian Akbar dan Santunan Anak Yatim. Minggu, (29/09/2019).

Acara bertempat di kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar mulai pukul 08.00 – 12.30 WIB. Sedangkan tema dalam acara ini adalah; Mencitai, Memuliakan dan Kemandirian Anak Yatim.

Dalam pra acara, turut memeriahkan group sholawat dari MTs NU Kota Blitar, dilanjutkan Pembukaan, pembacaan Kalam Ilahi oleh Nadira. Paduan suara dari MI Perwanida.

Yakub Sutrisno selaku ketua YARGIS kota Blitar, dalam sambutannya menyampaikan. “YARGIS berupaya adakan acara seperti ini rutin setiap tahun, selain itu kita juga rutin lakukan kegiatan sosial kemasyarakatan, pendidikan. Misalnya di bidang pendidikan kita adakan progam bimbingan belajar SD-SMP gratis untuk anak yatim, dhuafa serta masyarakat kurang mampu di bawah asuhan BPK. Munir, S.Si” tutur Yakub.

Tampak hadir beberapa tokoh dalam kegiatan tersebut, diantaranya Parminto, S.Sos, M.Si, Camat Kepanjen Kidul, Sidarta Jarot Riyadi Penasehat Forum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Kota Blitar.

Camat Kepanjen Kidul, Parminto dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah kecamatan maupun kota Blitar selalu bersinergi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

“Pemerintah kecamatan dan kota Blitar selalu bersinergi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti acara di pagi ini” tutur Parminto.

Setelah mengahiri sambutannya, Camat Kepanjen Kidul itu kemudian memberikan santunan anak yatim secara simbolis. Tak kurang 100 anak yatim yang disantuni kali ini.

Sebagai acara puncak, yakni pengajian Akbar yang di sampaikan oleh H. Purnomo, S.Ag dari Penyelenggara Syariah-Kemenag Kota Blitar. Didalamnya mubaligh mengajak seluruh hadirin untuk mengurus anak yatim dengan amanah, karena dengan memuliakan anak yatim semoga nanti di akhirat mendapat  tempat yang mulia.

“Kita sebagai umat Islam hendaknya mengurus anak yatim dengan amanah, Anak-anak jangan sampai lemah baik pendidikan dan akhlaqnya, karena pada zaman sekarang penuh tantangan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju” tutur H Purnomo dalam tausyah.

Terahir H. Purnomo berpesan agar pengasuh dan pengurus anak yatim, selalu sabar dalam memberikan pendidikan maupun pengsuhan. Kemudian mubaligh menutup acara tersebut dengan Do’a.

Reporter : Rahman
Editor : Udin

Pos terkait