Berita Peristiwa

Minggu, 15 September 2019 - 16:03 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Penyaluran Air Bersih di Desa Ngeni dan Daerah Blitar Selatan yang Terdampak Kemarau Oleh LPBINU Kab. Blitar

Penyaluran Air Bersih di Desa Ngeni dan Daerah Blitar Selatan yang Terdampak Kemarau Oleh LPBINU Kab. Blitar

Tanggulangi Dampak Kemarau Panjang, LPBINU Bersama LAZISNU Salurkan Bantuan Air Bersih di Blitar Selatan

MATABLITAR.COM– Kemarau panjang tahun ini, setidaknya telah dirasakan dampaknya oleh sebagian masyarakat, sebagaimana di beberapa daerah Blitar selatan, masyarakat mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

Beberapa tempat sumber mata air yang dulunya biasa jadi rujukan warga mengambil air bersih, kini semakin mengering dan tak mencukupi untuk kebutuhan warga.

Hal tersebut menjadi perhatian Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kab Blitar, bersama Care Lazisnu kab Blitar untuk peduli dan menyalurkan bantuan air bersih di beberapa tempat Blitar selatan.

Sebagaimana disampaikan Imam Karya Bakti selaku ketua LPBINU Kab. Blitar kepada awak media, Minggu (15/09/2019). “kekeringan hampir merata di wilayah Blitar selatan, dari mulai kecamatan Bakung, Wonotirto, Panggungrejo dan Wates semua ada wilayah yang krisis air bersih” tutur Imam

“Selanjutnya kami bersama Care Laziznu Kab. Blitar menggalang dukungan instansi, lembaga dan masyarakat luas untuk menyalurkan bantuan air bersih ke lokasi” jelasnya.

Penyaluran Bantuan Air Bersih di Kecamatan Wonotirto

Hingga berita ini diturunkan, tercatat sudah 162.000 Liter air bersih di salurkan ke beberapa wilayah Blitar selatan, diantaranya; Desa Wonotirto, Desa Ngeni, Desa Ngadipuro, Desa Gunung Gede, dan Desa Tugu Rejo Kecamatan Wates.

Masih kata Imam, pihaknya dalam menyalurkan air bersih tersebut telah bekerjasama dengan beberapa pihak, dari masyarakat secara pribadi maupun dengan lembaga swasta.

“sementara yang sudah bekerjasama dengan kami; LTM NU Kab. Blitar, STMI Kota Blitar, SDI Kota Blitar, MAKNU Kota Blitar, Kampung Coklat, PATTIRO Jakarta, Fatayat NU Kab. Blitar, dan Satkoryon Banser Wates” terang Imam.

Kedepan rencananya, LPBINU akan terus memperluas area distribusi air bersih di area Kecamatan Bakung, Panggungrejo dan Kademangan hingga musim penghujan tiba.

Penyaluran Air Bersih di Blitar Selatan Oleh LPBINU Kab. Blitar

Sementara itu, Yusuf Affandi Reky selaku ketua LAZISNU Kab. Blitar berharap warga yang mengalami krisis air bersih tersebut bisa terbantu.

“Semoga dengan bantuan tersebut bisa sedikit membantu, serta warga yang mengalami bencana kekeringan di beri kesabaran dan kekuatan” tutur Yusuf.

“Dan kami sampaikan terimakasih kepada semua fihak terkait, yang telah mempercayakan kepada kami untuk menyalurkan bantuannya, semoga berkah” pungkasnya.

Reporter : Rohman

Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 144 kali

Loading...
Baca Lainnya