Bersamaan Warga NU Sholat Istisqo’, Umat Hindu Desa Pasirharjo Lakukan Upacara Maguru Piduka

Umat Hindu Desa Pasirharjo Sa'at Menggelar Upacara Maguru Piduka di Pendopo Desa Pasirharjo. Jum'at, (11/10/2019).

MATABLITAR.COM– Suasana harmonis antar umat beragama di Desa Pasirharjo Kecamatan Talun Blitar benar-benar terjalin nyata, salah satu buktinya ketika umat Islam melakukan Sholat Istisqo’, di waktu yang hampir bersamaan umat Hindu melakukan upacara Maguru Piduka, memohon agar hujan segera turun. Jum’at, (11/10/2019).

Gelar Sholat Istisqo’, Warga NU Desa Pasirharjo Berharap Segera Turun Hujan

Lokasi kegiatannya juga berdekatan, umat Islam melaksanakan sholat di lapangan Desa Pasirharjo, sedangkan umat Hindu melakukan upacara di pendopo Desa Pasirharjo.

Romo Pinandito Lokmin AP. Selaku Rohaniawan Hindu menyampaikan kepada media, bahwa keharmonisan umat beragama di desa tersebut sudah berjalan lama. Bahkan ketika saat perayaan hari raya masing-masing agama, mereka antar umat beragama saling toleransi dan membantu keamanan.

Suasana Upacara Maguru Piduka Oleh Umat Hindu Desa Pasirharjo

“Hari ini kita sama-sama menggelar panyuwunan, umat Islam dengan caranya dan kami juga dengan cara kami,” tutur Romo Lokmin.

“Karena musim kemarau panjang, dan dampaknya warga merasa kekurangan air, untuk itu kami menggelar upacara Maguru Piduka. Mohon dengan tulus dan ikhlas agar alam ini diberikan keharmonisan.” Imbuhnya.

Upacara yang memakan waktu kurang lebih 2 jam ini, di ikuti oleh puluhan umat Hindu di Desa Pasirharjo Kecamatan Talun. Semua peserta tampak khusuk memanjatkan Do’a-do’a.

“kita sudah berupaya melakukan kegiatan ini, semoga ini dapat terwujud kinabulan sesuai hajat kita minta hujan.” Harap Romo Lokmin.

Reporter : Dairobi
Editor : Fikri

Pos terkait