Hari ini, di Blitar Terjadi Kulminasi atau Tumbuk

Ahmad Nasrullah, Saat Ujicoba Membuktikan Kulminasi Matahari Dengan Meletakkan Botol dan Paku di Lantai. Senin, (14/10/2019

MATABLITAR.COM– Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, melakukan ujicoba Kulminasi Matahari Tumbuk (14/10) karena penasaran.

Hal tersebut dilakukan oleh Ahmad Nasrullah (20) Mahasiswa Perternakan UNU Blitar. Senin, (14/10/2019).

“Hari ini saya ujicoba untuk membuktikan Kulminasi Matahari dengan meletakkan botol dan paku di lantai yang terkena langsung sinar matahari,” Tutur Anas.

“Saat benda di letakkan tegak lurus di atas lantai pada saat tanggal, hari dan menit kulminasi matahari, maka benda tersebut tidak akan memiliki bayangan”. Imbuhnya.

Sebagaimana dirilis oleh BMKG bahwa akan terjadi Kulminasi Matahari di wilayah Blitar khusus nya daerah Kecamatan Kanigoro pada tanggal 14 Oktober 2019 jam 11.17 WIB.

Masih dari informasi yang di rilis oleh BMKG di jelaskan bahwa peristiwa ini terjadi setiap tahun sekali di bulan Oktober.

Sejalan dengan informasi tersebut, Anas melakukan ujicoba di halaman Graha Pemuda di Dsn. Sekardangan Desa Papungan Kecamatan Kanigoro Kab. Blitar.

“Saya cukup puas dengan ujicoba ini, ternyata sesuai dengan informasi yang saya peroleh dari hasil kajian buku Ensiklopedi bersama teman-teman”. kata Anas.

Anas juga berharap, semoga setelah Kulminasi ini akan segera turun hujan, karena beberapa daerah di wilayah Kabupaten Blitar banyak yang terjadi kekeringan.

“Semoga segera turun hujan, sebagaimana tahun lalu, setelah Kulminasi Matahari lalu masuk musim penghujan.” Pungkas Anas.

 

Kontributor : Yahya M
Editor : Fikri

Pos terkait