Potong Tumpeng Lintas Agama, Simbol Kerukunan Umat Beragama di Blitar

Gus Ardabily Saat Potong Tumpeng Bersama Romo Novi dan Romo Wawan Serta Umat Lintas Agama di Aula Seminari Garum. Senin, (28/10/2019)

MATABLITAR.COM– Slametan selalu identik dengan tumpeng. Nah kali ini potong tumpeng digelar pada acara Slametan Kebangsaan yang digelar oleh pemuda lintas agama Blitar Raya di Aula Seminari Garum. Senin, (28/10/2019).

Untuk diketahui, bahwa acara tersebut selain sebagai ajang silaturahmi pemuda lintas agama, juga dimaksudkan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini. Semua rangkaian acara berlangsung hikmat dan lancar.

Selain dihadiri para pemuda, juga dihadiri oleh sesepuh perwakilan agama, dari pihak Bakesbangpol Kabupaten Blitar dan para tokoh muda. Masrukin selaku aktivis Gusdurian yang juga salah satu inisiator kegiatan ini menyampaikan bahwa ini merupakan proses membangun komitmen kebangsaan terhadap semua elemen.

“Iya jadi ini adalah salah satu upaya membangun komitmen kebangsaan dengan semangat hari Sumpah Pemuda, kita tunjukkan pemuda kita bisa dijadikan contoh kerukunan antar umat beragama di Blitar Raya” tandasnya kepada matablitar.com

Dalam pantauan awak media, puluhan pemuda lintas agama dengan hikmad mengikuti acara hingga selesai. Acara pukul 19.30 WIB dengan orasi kebangsaan dari perwakil masing masing Agama, dilanjutkan dengan ikrar sumpah pemuda, berdoa bersama dan dilanjutkan potong tumpeng sekaligus ramah tamah.

Selain itu, Masrukin juga menyampaikan potong tumpeng merupakan kearifan lokal yang masuk dalam 9 nilai Gusdur. “Iya jadi kita ikrar itu tidak hanya sekedar ikrar, tapi diridhoi oleh Tuhan dan kedepan harapan kita Indonesia akan tetap menjadi bangsa yang jaya” pungkasnya.

Reporter : Udin
Editor : Fikri

Pos terkait