Warning: Use of undefined constant TDC_PATH_LEGACY - assumed 'TDC_PATH_LEGACY' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4759507/public_html/matablitar.com/wp-content/plugins/td-composer/td-composer.php on line 114

Warning: Use of undefined constant TDSP_THEME_PATH - assumed 'TDSP_THEME_PATH' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4759507/public_html/matablitar.com/wp-content/plugins/td-composer/td-composer.php on line 118
Tak Kalah Meriah, HSN di MWC NU Srengat Diperingati Dengan Antusias Tinggi Warga - Matablitar.com - Bicara Kebenaran

Berita Peristiwa

Selasa, 22 Oktober 2019 - 09:28 WIB

1 tahun yang lalu

logo

H. Imam Hanafi (Tengah) Saat di Acara Penutupan Bazar Dalam Rangka Hari Santri Nasional. Sabtu, (19/10/2019).

H. Imam Hanafi (Tengah) Saat di Acara Penutupan Bazar Dalam Rangka Hari Santri Nasional. Sabtu, (19/10/2019).

Tak Kalah Meriah, HSN di MWC NU Srengat Diperingati Dengan Antusias Tinggi Warga

MATABLITAR.COM– Hari Santri Nasional (HSN) yang kini diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 Oktober, tidak bisa terlepas dari sejarah perjuangan Kyai dan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Resolusi jihad yang dikeluarkan oleh Kyai Hasyim Asy’ari, tentang membela tanah air hukumnya adalah wajib bagi setiap umat Islam, menjadi salah satu bukti sejarah peran Kyai dan santri dalam mengusir penjajah.

HSN di tahun 2019 kali ini, terlihat banyak masyarakat khususnya kaum santri memperingatinya dengan berbagai macam kegiatan. Salah satunya warga Nahdliyin di Kecamatan Srengat Blitar turut memperingatinya dengan penuh antusias.

“Dalam rangka menyambut HSN, kita adakan rangkaian kegiatan. Berupa Bazar santri, festifal sholawat Al Habsyi, seminar gairah santri, lomba da’i muda milenial, dan puncaknya apel hari santri” tutur H. Imam Hanafi selaku Ketua MWC NU Srengat.

Dari informasi yang di gali media, kegiatan HSN oleh MWC NU Srengat ini selaku panitia oleh pengurus NU dan Banomnya, termasuk di dalamnya Muslimat NU, GP. Ansor, Fatayat NU, IPNU – IPPNU.

Peserta dari masing-masing kegiatan juga berbeda, misalnya Bazar di ikuti oleh semua ranting NU dan Banomnya, lomba sholawat di ikuti group-group sholawat di wilayah kecamatan Srengat dan sekutarnya.

Untuk seminar gairah santri dan Da’i muda milenial di ikuti santri pondok pesantren, juga sekolah formal di wilayah Kecamatan Srengat. Sedang apel hari santri diikuti oleh Muspika Srengat, Ranting NU, Muslimat NU, GP Ansor, Banser, Fatayat NU, IPNU IPPNU, Pergunu, IGTKM, santri Pondok Pesantren se – Kec. Srengat.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di beberapa tempat seperti bazar, festival sholawat dan seminar gairah santri bertempat di Ponpes Darur Roja Selokajang Srengat, lomba Da’i muda milenial di kantor MWC NU Srengat, untuk apel hari santri bertempat di Lapangan Dandong Srengat.

Salah Satu Peserta Bazar MWC NU Srengat, Dalam Rangka Peringatan Hari Santri Nasional

H. Imam Hanafi dalam sambutannya di kegiatan penutupan bazar dan festival sholawat menerangkan, bahwa tema peringatan hari santri kali ini adalah “Dari santri merajut kembali kebersamaan”.

“Pemilu dan pilkades 2019 telah selesai, oleh karena itu marilah kita merajut kembali kebersamaan antara NU dan Banom, dan marilah kita saling kerja sama dan sama – sama kerja untuk menggapai Islam yang Rahmatan lilalamiin,” tutur H. Hanafi. Sabtu (19/10/2019).

“Dan yang terpenting lagi kenapa di laksanakan di PonPes Darur Roja, karena di pondok ini pernah memimpin PCNU di Kab. Blitar yaitu Alm. KH. Nur Hidayatullah, mari kita do’akan untuk beliau, Al Fatihah” imbuhnya.

Sementara itu tampak hadir dan memberikan sambutan juga, KH. Masdain Rifai Akhyat selaku ketua PCNU Kab. Blitar. Pihaknya mengajak semua elemen untuk bersama sama memerangi radikalisme.

“Kepada warga NU khususnya saya berpesan, agar: pertama, kita harus aktif memberantas anarkisme. kedua, kita harus siap menghadapi radikalisme. ketiga, saat ini dunia tetoris harus siap kita hadapi” pesan Kyai Da’in.

Kontributor: M. Nanang Khunaefi
Editor: Dairobi


Artikel ini telah dibaca 894 kali

Loading...
Baca Lainnya