Tiga Kali Tarung Pilkades, Choirul Anam: Saya Modal Dengkul

Choirul Anam, Calon Kepala Desa Gogodeso Kanigoro di Pilkades Serentak 2019. Selasa, (15/10/2019)

MATABLITAR.COM– Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Blitar, hari ini telah berlangsung. Selasa, (15/10/2019). Ada kandidat kali pertama ikut, ada juga yang sudah ketiga kalinya tarung dalam pemilihan yang sama.

Salah satu yang sudah tiga kali ikut Pilkades adalah calon petahana, yang sudah 2 periode berturut – turut menjadi kepala Desa Gogodeso, Kanigoro, Blitar. Dia adalah Choirul Anam.

Kini Pilkades serentak tahun 2019, laki-laki lulusan Kampus UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta (Dahulu IAIN) tersebut ikut ketiga kali, tarung di Pilkades.

Ada yang unik pada perjalanan karir politiknya. Ia mengakui setiap mengikuti kontestasi politik tingkat Desa ini, dari awal tanpa modal uang yang cukup. Bahkan, dalam Pilkades untuk periode kedua enam tahun lalu, ia hanya bermodal uang pendaftaran calon untuk dia dan istrinya.

“Saya hanya modal tekad untuk mengabdi ke masyarakat. Jelas saya tidak punya uang meski sudah dua periode menjadi kepala desa. Apa pun hasilnya saya serahkan ke Tuhan,” jelasnya.

Dahulu, cerita Choirul, Tepatnya Pilkades pertama 12 tahun lalu, Choirul maju atas desakan warga desa. Saat itu, ia juga tidak memiliki modal cukup untuk bertarung. Karena itu, warga bergotong royong untuk mengusung putra Kiai kampung ini hingga tampil sebagai pemenang melawan satu kandidat lainnya.

Diketahui Dalam Pilkades untuk periode ketiganya tahun ini, ia bertarung dengan tiga kandidat lainnya. Mereka adalah Suwondo Aribowo, Sunarto, dan Anas Mistofa Hadi. Dari keempat kandidat, yang pernah menjadi aparat desa hanya Choirul Anam.

Yang menarik, meski bersaing dengan 3 kandidat, Choirul tetap maju dengan tanpa modal. Warga di sekitarnya, beberapa hari membawa alat masak dan bahan sendiri untuk memberi suguhan warga yang berdatangan di rumah Choirul.

 

Reporter : Sodiqul
Editor : Fikri

Pos terkait