Jaga Spirit Organisasi, GP. Ansor Pasirharjo Ziarah ke Makam Muasis NU

GP. Ansor Desa Pasirharjo Kecamatan Talun, Foto Bersama Usai Ziarah Makam Muasis NU Hadrotus Syeh KH. Hasyim Asy'ari Jombang. Sabtu, (07/12/2019).

MATABLITAR.COM– Demi menjaga spirit organisasi, puluhan anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Pasirharjo Kecamatan Talun berziarah ke makam Muasis Nahdlotul Ulama’ di Jombang. Sabtu, (07/12/2019).

Novan selaku ketu GP. Ansor Ranting Pasirharjo menjelaskan, bahwa selain untuk menjaga spirit berorganisasi, ziarah tersebut juga bertujuan meningkatkan keakraban dan solidaritas antar anggota Ansor.

Baca Juga: Gelar Sholat Istisqo’, Warga NU Desa Pasirharjo Berharap Segera Turun Hujan

“Awalnya agenda Ziarah makam Muasis ini usulan dari beberapa anggota Ansor. Kata mereka, kita ini warga NU tapi kok belum pernah sowan ziarah ke makam-makam pendiri NU” tutur Novan.

“Ahirnya diputuskan pada hari Sabtu, 7 Desember 2019 jam 17.00 kita berkumpul dan berangkat ziarah ke makam Muasis NU” imbuhnya.

Masih kata Novan, pada ziarah kali ini rute yang dikunjungi; 1. Makam KH. Shodiq Damanhuri Sanan Gondang. 2. Hadrotus Syeh KH. Hasyim Asyari Jombang. 3. KH. Wahid Hasim. 4. KH. Abdurahman Wahid. 5. Syeh Sulaiman Mojo Agung 6. Syeh Jumadil Kubro Trowulan.

Selanjutnya kegiatan ziarah makam ini akan dijadikan kegiatan rutin GP. Ansor Desa Pasirharjo. “Akan kita rutinkan dua bulan sekali, termasuk akan berziarah ke makam Muasis NU yang belum bisa kita kunjungi kali ini” terang Novan.

Baca Juga: Inilah Progam Unggulan PAC IPNU IPPNU Talun, Dalam Presentasi Merebutkan IPNU IPPNU Award

Sementara itu, Yusril Khoiri selaku ketua PAC GP. Ansor Kecamatan Talun menanggapi positif kegiatan tersebut. “Sangat baik, selain mengingatkan kita akan kematian, juga bisa menambah semangat dakwah ajaran Islam yg rahmatallil’alamin, sebagaimana yg dicontohkan beliau – beliau” tutur Yusril.

Sejalan dengan itu, Kyai Nur Chanifan salaku ketua Ranting NU Pasirharjo juga memberikan tanggapan yang positif, pihaknya berharap dengan ziarah ke makam Muasis NU, semua peserta dapat semakin kompak dalam mengurus organisasi, serta dapat meneladani spirit perjuangan para Muasis.

“Semoga bisa meneladani spirit perjuangan Muasis. Dengan ziarah tersebut, juga mengingatkan kita pada suatu hal yg pasti datangnya, yaitu kematian” pungkas Kyai Nur.

Reporter : Dairobi
Editor : Asrofi

Pos terkait