Berita Peristiwa

Minggu, 22 Desember 2019 - 21:15 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Do'a Bersama dan Pesan Perdamaian Gusdurian Blitar di Pendopo Islam Nusantar (PINUS). Minggu, (22/12/2019)

Do'a Bersama dan Pesan Perdamaian Gusdurian Blitar di Pendopo Islam Nusantar (PINUS). Minggu, (22/12/2019)

Peringati Haul Gus Dur Ke 10, Gusdurian Blitar Gelar Do’a Bersama dan Pesan Perdamaian

MATABLITAR.COM– Dalam rangka peringati haul Gus Dur atau Abdurrohman Wahid ke 10, ratusan Gusdurian Blitar menggelar do’a bersama lintas Agama dan pesan perdamaian. Minggu, (22/12/2019)

Dari pantauan media di lapangan, kegiatan yang bertempat di Pendopo Islam Nusantara (Pinus) Sekardangan Kanigoro ini, dimulai tepat pukul 20.00 WIB.

Acara dimulai dengan Do’a bersama lintas Agama, para peserta berdo’a khusuk menurut keyakinan masing masing, sedangkan Do’a secara Agama Islam dengan tahlil di pimpin oleh Moh. Sholeh dari GP. Ansor Blitar.

Baca Juga: Peringati Hari Toleransi Internasional Gusdurian Blitar Adakan Bedah Film

Gus Masrukin selaku koordinator Gusdurian Blitar menuturkan, bahwa kegiatan Haul Gus Dur ini merupakan kegiatan rutin Gus Durian di seluruh Nusantara.

“Desember ini bulan Gus Dur, di setiap daerah mengadakan kegiatan yang bentuknya bermacam-macam. Sedangkan kita di Blitar pada tahun ini memilih kegiatan Do’a Bersama dan pesan perdamaian” kata Masrukin dalam sambutannya.

“Gus Dur adalah teladan kita dalam berbangsa dan bernegara. Beliau mengajari kita memaknai kehidupan, dalam hal toleransi, pluralisme dan membangun hubungan antar manusia. Kita belajar memanusiakan manusia dari beliau” imbuh Masrukin.

Dalam pesan perdamaian, yang di kemas dalam sarasehan ini mengambil tema Kebudayaan Melahirkan Kemanusiaan.

Tampak hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini; H. Imam Kusnin Ahmad Ketua PC ISNU Kab. Blitar, Romo Wahyu dari Paroki Santa Maria, dan Bapak Bambang dari GKJW Blitar, Abdul Azis GP. Ansor.

Baca Juga: Di Blitar, Anggia Ermarini Sosialisasi Makanan dan Minuman Bersama Badan POM RI

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan sarasehan masih berlangsung. Segenap narasumber menyampaikan pengalamannya saat bersinggungan dengan Gus Dur, dan menyampaikan pesan pesan perdamaian.

Berbagai elemen juga terlihat hadir menyemarakkan Haul Gus Dur kali ini, PMII Cabang Blitar, GP. Ansor, Banser, IPNU IPPNU, Lakpesdam, ISNU, pemuda Kristen, Hindu dan lain sebagainya.

Reporter : Yahya M
Editor : Dairobi


Artikel ini telah dibaca 294 kali

Loading...
Baca Lainnya