Selamatkan Lingkungan, Di Blitar Ratusan Orang Gabung Dalam Gerakan Bank Jlantah

  • Whatsapp
Pembagian Jirigen Kepada Agen Bank Jlantah. Jum'at, (31/01/2010)

MATABLITAR.COM– Demi menjaga kelestarian lingkungan, ratusan orang di Blitar berkomitmen perangi limbah minyak goreng atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jlantah. Kegiatan berlangsung pada Jum’at, (31/01/2020). Bertempat di Graha Pemuda Sekardangan Papungan Kanigoro.

Alfian selaku Direktur Bank Jlantah Blitar menjelaskan kepada awak media. Bahwa dalam kegiatan tersebut dibentuk Bank Jlantah. Dari Bank Jlantah kemudian dibentuk agen-agen Bank Jlantah ditiap desa untuk menampung Jlantah tersebut.

Baca Juga : Penutupan KKN Mahasiswa UNU Blitar Dihadiri Para Habaib dan Tokoh Masyarakat

Kegiatan ini kata Alfian, didasari atas keresahan setiap rumah tangga yang sering menghasilkan limbah Jlantah, dan sebagian besar Jlantah ini dibuang ketanah, bisa dipastikan sangat mencemari lingkungan. Kalau pun diolah kembali, minyak goreng sangat membahayakan bagi kesehatan.

“Selanjutnya Jlantah ini setelah ditampung di agen-agen, nanti akan diambil oleh pengepul dan diolah menjadi bahan bakar biodiesel” tutur Alfian

“Ini adalah salah satu kerja nyata untuk menuju Blitar Unggul. Dan ini juga sebagai langkah kecil menyelematkan lingkungan” imbuhnya.

Baca Juga : Peringati Haul Gus Dur Ke 10, Gusdurian Blitar Gelar Do’a Bersama dan Pesan Perdamaian

Dengan slogan limbah jadi duit, Alfian berharap bisa memacu semangat agen Bank Jlantah untuk mengumpulkan Jlantah-jlantah yang ada di masyarakat. Selain menyelamatkan lingkungan, kegiatan ini diharapkan bisa menambah pundi-pundi rupiah masyarakat.

Sementara itu, Rijal salah satu calon agen Bank Jlantah mengatakan. “Bank Jlantah merupakan langkah sederhana yang berdampak positif, selain meminimalisir limbah yang terbuang di tanah, Jlantah ternyata bisa diolah menjadi energi terbarukan berupa Biodiesel” tuturnya.

Reporter : Sulis Sindu W
Editor : Fikri

Pos terkait