Kesehatan

Selasa, 28 Januari 2020 - 10:10 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Waspada Penyebaran Virus Corona, Lakukan Cara Ini

Munculnya virus baru yang disebuat Virus Corona cukup menggemarkan dunia karena dengan dampaknya yang cukup membahayakan. Dari berita yang beredar, pertama kali virus ini ditemukan di sebuah pasar yang berada di Kota Wuhan yang merupakan salah satu kota yang cukup padat penduduk di Cina. Info terkini virus ini telah menyebar lebih dari 10 negara.
Orang yang sudah terinfeksi virus ini biasanya demam, bersin, batuk, pilek, sesak nafas dan bahkan bisa sampai kejang-kejang.

Baca Juga : Lakukan ini! Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

Dikutip dari Cantika.com, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia atau IDI, Daeng Mohammad Faqih mengatakan virus corona 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV bisa menular antarmanusia lewat batuk, bersin, dan makanan. “Makanan yang tercemar air liur orang yang terinfeksi virus tersebut,” kata Faqih di Jakarta, Minggu 26 Januari 2020. “Bisa tertular pula kalau makanan yang terkena batuk dikonsumsi.”

Gambar Virus Corona di zoom menggunakan microskop

Penularan dari virus ini diduga disebabkan dari virus pada hewan yang kemudian berevolusi sehingga dapat mengenai manusia manusia. Virus Corona sangat merupakan jenis virus yang dapat menular dari orang yang sudah orang yang terjangkit virus itu. Untuk penularan virus ini hampir sama dengan penularan dari virus yang menyebabkan flu yakni dapat melalui kontak langsung dengan penderita bisa lewat pernapasan, percikan ludah, menghirup napas atau batuk dari orang yang positif terjangkit virus corona. Atau menyentuh langsung makanan yang dikonsumsi orang yang terinfeksi virus itu.

Maka dari itu agar terhindar dari virus tersebut hindari untuk kontak secara langsung terhadap orang yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Upaya-upaya lain yang dilakukan untuk pencegahan lain yakni dengan menggunakan masker, mencuci tangan sebelum makan, tidak mengucek mata, jangan menggosok hidung dengan tangan serta tidak memakan daging hewan mentah.


Artikel ini telah dibaca 312 kali

Loading...
Baca Lainnya