Berita Peristiwa

Kamis, 6 Februari 2020 - 14:00 WIB

10 bulan yang lalu

logo

Sambutan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Blitar Oleh Didik Wahyudi Dalam Rapat Anggota Tahunan Koperasi Sentosa Inti Permata. Kamis, (06/02/2020).

Sambutan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Blitar Oleh Didik Wahyudi Dalam Rapat Anggota Tahunan Koperasi Sentosa Inti Permata. Kamis, (06/02/2020).

Didampingi Dinas Koperasi Kab. Blitar, Koperasi SIP Gelar Rapat Anggota

MATABLITAR.COM– Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan salah satu kegiatan wajib tahunan bagi sebuah koperasi. Sebagaimana hari ini koperasi Sentosa Inti Permata (SIP), dengan di dampingi dinas koperasi Kabupaten Blitar telah menyelenggarakan RAT. Kamis, (06/02/2020).

Kegiatan yang bertempat di RM. Bu Mamik Blitar ini dimulai sekitar jam 09.15 WIB. Acara di awali dengan pembukaan, menyanyikan mars Indonesia raya. Setelah itu, dilanjutkan Sambutan Ketua Koperasi, sambutan Dinas Koperasi Kabupaten Blitar sekaligus membuka acara RAT.

Baca Juga : Di Acara Pembinaan Kube, Mahbub Al Farabi Korwil PKH Jatim 1 Tekankan Semangat Gotong Royong

Jemono selaku ketua koperasi SIP dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Koperasi yang beranggotakan SDM PKH Kabupaten Blitar ini mulai terbentuk tahun 2015, dan resmi berbadan hukum di tahun 2017.

“Sampai hari ini anggota koperasi sejumlah 155 orang, unit usaha sementara yang sudah jalan simpan pinjam, rental mobil, dan perdagangan” tutur Jemono.

“Koperasi kita ini akan kuat, ketika semua anggota dapat bersama sama komitmen untuk maju” imbuhnya.

Sementara itu, Didik Wahyudi dari Dinas Koperasi Kabupaten Blitar menjelaskan bahwa, substansi dari RAT bertujuan untuk mendengarkan laporan perkembangan koperasi oleh pengurus dan pengwas. Selain itu juga ada pandangan umum dari anggota, yang kemudian melahirkan ketetapan ketetapan.

Baca Juga : Tanggulangi Stunting, PKH Kebonduren Adakan Senam Bersama dan Lomba Memasak

Didik juga merekomendasikan koperasi SIP, agar setelah menggelar RAT bisa mengurus sertifikat nomor induk koperasi (NIK). “Setelah RAT, Koperasi bisa mengurus NIK atau nomor induk koperasi. Sertifikat ini sebagai bukti kelayakan koperasi dalam menjalankan usaha nya” tuturnya.

Menurut Didik, ada dua hal utama agar koperasi bisa bertambah besar. “Pertama, ada pertambahan anggota, kalau anggotanya banyak berati pangsa pasarnya juga banyak. Kedua, Anggota harus komitmen. Komitmen sebagai pemilik untuk mensukseskan progam koperasi” jelasnya.

Reporter : Sulis
Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 1080 kali

Loading...
Baca Lainnya