Opini

Selasa, 3 Maret 2020 - 17:31 WIB

4 bulan yang lalu

logo

M. Khoirul Muanam SH. MH

M. Khoirul Muanam SH. MH

PESTA DEMOKRASI BLITAR SUDAH DIPERSIAPKAN

MATABLITAR.COM– Indonesia merupakan suatu negara yang menganut faham demokrasi terbuka dengan melakukan pemilihan terhadap pemimpin-pemimpin yang duduk di kursi pemerintahan mulai dari kursi kepala desa, Bupati dan wakil bupati, Wali kota dan wakil wali kota, Gubernur dan wakil gubernur sampai Presiden dengan wakil presiden serta pemilihan terhadap wakil rakyat yang duduk di kursi pemerintahan.

Pemilihan Umum yang selanjutnya disebut Pemilu adalah kedaulatan rakyat untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Baca Juga: MEMBANGUN KESADARAN BERPOLITIK GENERASI MILENIAL

Komisi Pemilihan Umum Provinsi, kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota tahun 2020 sebanyak 270 daerah, dengan rincian sembilan Gubernur, 224 pemilihan Bupati dan wakil Bupati, dan 37 pemilihan Walikota dan wakil Walikota.

Sebanyak 19 kabupaten/kota di Jawa Timur yang akan menggelar pemilihan kepala daerah pada tahun 2020. Daerah yang akan menggelar pilkada yaitu ; Surabaya, Gresik, Sumenep, Situbondo, Banyuwangi, Jember, Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Tuban, Lamongan.

Kabupaten Blitar terdiri dari 22 Kecamatan dengan daftar pemilih pada pemilihan umum tahun 2019 mencapai 964.044 dengan luas wilayah 1589 km² akan mengikuti penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020. Sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau wali kota dan wakil wali kota tahun 2020.

Dalam PKPU No. 15 tahun 2019 telah ditetapkan berbagai tahapan dalam pilkada termasuk waktu pemungutan dan penghitungan suara yang ditetapkan pada tanggal 23 september 2020, pada tanggal inilah masyarakat kabupaten Blitar menyalurkan aspirasinya untuk memilih pemimpin yang tentu saja bisa mewujudkan harapan-harapan mereka untuk membangun Blitar menjadi lebih unggul dari wilayah Kabupaten maupun Kota lain.

Blitar merupakan kabupaten yang berada di dekat pesisir selatan Propinsi Jawa Timur berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, berada di kaki Gunung Kelud. Suhu udara Blitar bisa dibilang cukup sejuk, meskipun akhir-akhir ini penulis merasakan suhu yang cukup panas. Blitar memiliki sejarah yang cukup unik yang berawal pada jaman Majapahit dimana bangsa tartar pernah menguasai wilayah Blitar, yang kemudian direbut kembali oleh Majapahit dan membuat bangsa tartar mundur, hal inilah yang menjadi awal dari nama Blitar yang berasal dari kata Balitar (bali ne wong tartar).

Baca Juga: PEMILU RAMAH ANAK

Pantaslah jika Blitar disebut sebagai BUMI LAYA IKA TANTRA ADI RAJA.  Hal ini merupakan keunggulan tersendiri yang patut dibanggakan masyarakat Blitar, karena tinggal di wilayah yang istimewa. Bahkan Candi Penataran (candi Palah) yang banyak dikenal orangpun merupakan cikal bakal munculnya cerita dongeng binatang (fabel) salah satunya dongeng Si Kancil dan Buaya yang terdapat pada relief kolam di bagian belakang candi penataran.

Dengan adanya pilkada serentak pada tahun 2020 yang tahapan pertahapan sudah diatur dalam bentuk peraturan Komisi Pemilihan Umum dan pelaksanaannya yang selalu dikawal dan atau diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu diharapkan bisa melahirkan pemimpin-pemimpin baru yang lebih unggul dan mengantarkan daerah yang dipimpin menjadi lebih unggul dari sebelumnya.

Oleh ; M. Khoirul Muanam SH. MH (Pengamat Demokrasi Blitar)

Referensi:
Pasal 1 bab 1 Undang-undang No.7 tahun 2017. https://otda.kemendagri.go.id/berita-dan-informasi/pilkada-serentak-digelar-23-september-2020-ini-tahapannya/ https://faktualnews.co/2018/09/18/kpu-blitar-tetapkan-dpt-hasil-perbaikan-pilpres-2019/99811/


Artikel ini telah dibaca 273 kali

Loading...
Baca Lainnya