Berita Mata Desa

Rabu, 3 Juni 2020 - 06:26 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Aktivitas Bank Sampah Homo Joyo Saat Mengepul Sampah

Aktivitas Bank Sampah Homo Joyo Saat Mengepul Sampah

Bank Sampah Jomo Joyo Kademangan, Ubah Sampah Jadi Uang

MATABLITAR.COM– Bank Sampah Desa Sumbejati Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar merupakan Bank Sampah yang sudah terbentuk di tahun 2020 dan aktif dalam menjalankan tugas penanganan sampah.

Inisiator Bank Sampah Jomo Joyo, Suprayogi menjelaskan konsep pengelolaan sampah seperti bank ini membuat masyarakat semakin tertarik karena mampu membantu dalam pengurangan sampah rumah tangga.

Baca Juga : Cegah Covid-19, IPNU IPPNU Kabupaten Blitar Bagikan Masker

“Konsep bank sampah ini lahir karena kami melihat ada yang menarik dari konsep bank sampah yang dipadukan dengan menyelamatkan lingkungan melalui pengurangan sampah rumah tangga dilingkungan kami,” Ucapnya kepada matablitar.com , Senin (01/06/2020).

Ia menambahkan jika hasil dari bank sampah sepenuhnya digunakan untuk kas RT setempat, dan akan kembali kemasyarakat dalam hal ini nasabah.

“Selain penyelamatan lingkungan ada konsep menabung bank sampah, kemudian hasil bulanannya kita jadikan kas RT yang nantinya juga kembali kepada nasabah,” jelas Suprayogi yang juga merupakan Ketua RT 01 RW 05 Desa Sumberjati.

Nata Dian, Pendamping Bank Sampah Kecamatan Kademangan saat dikonfirmasi oleh awak media menyebutkan, pembentukan bank sampah selain mengurangi dampak dari sampah juga memiliki nilai ekonomis.

Baca Juga : Penanganan Covid-19 Melalui Refocusing Dana Desa

“Dengan terbentuknya bank sampah kita berharap mampu mengurangi dampak sampah dan menjadikan sampah memiliki nilai ekonomis,” paparnya melalui sambungan telepon.

Jumlah nasabah Bank Sampah Jomo Joyo per Mei 2020 mencapai lebih dari 75 kepala rumah tangga, dengan dana yang dikelola mencapai Rp. 200-300 setiap bulan.

Reporter : Udin
Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 178 kali

Loading...
Baca Lainnya