Berita Mata Desa

Jumat, 24 Juli 2020 - 08:05 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Feryan Herma Fauzi Saat Memberikan Materi Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair

Feryan Herma Fauzi Saat Memberikan Materi Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair

Dukung Pola Tanam Sehat, Pemdes Kalitengah Gelar Pelatihan Pupuk Organik

MATABLITAR.COM– Pemerintah Desa Kalitengah Kecamatan Panggungrejo Blitar, untuk mendukung pola tanam yang sehat mengadakan acara “Bincang Seputar Pertanian Organik dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair”, bertempat di rumah salah satu warga. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai jam 9 pagi hingga 12 siang pada Rabu, (22/07/2020).

Baca Juga : Peduli Destinasi Wisata Blitar Selatan, Sejumlah Kader PMII Bersihkan Pantai

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan warga dari Dusun Kedungbiru dan juga beberapa kelompok tani di Desa Kalitengah. Dalam sambutannya, Sugeng, selaku Kepala Desa Kalitengah mengatakan, bertani itu ada teorinya tidak hanya praktek. Kebanyakan petani saat ini tidak mau mempelajari teori cara bertani.

“Masyarakat harus tahu cara pemberian obat pertanian yang benar. Belajar itu tidak hanya di sekolah, belajar itu seumur hidup, banyak hal-hal baru yang perlu terus dipelajari,” tutur Sugeng.

Sesi Kegiatan Praktek Pembuatan Pupuk Organik Cair

Acara itu dihadiri salah satu petani inspiratif, sekaligus menjadi narasumber. Feryan Herma Fauzi yang merupakan founder dari Plantzone Indonesia dipercaya memberikan materi kepada warga. Dari pantauan awak media, warga masyarakat sangat antusias mendengarkan setiap materi yang disajikan.

“Alhamdulillah, warga di sini menyambut baik setiap materi yang saya sampaikan. Sekarang ini membranding pertanian itu penting, tinggal kita mau apa enggak,” tutur Feryan.

Setelah pemberian materi. Feryan memberikan arahan kepada warga untuk membuat pupuk organik cair. Bahan-bahan yang digunakan adalah dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Setiap warga membawa bahan yang akan digunakan sebagai pupuk.

Baca Juga : BMI, Mengejar Hak Gaji Hingga Ke Negeri Sendiri

Menurut Feryan, dewasa ini pertanian organik mulai digencarkan kembali. Hal ini tentu harus diimbangi dengan produksi pupuk organik untuk menyuplai setiap nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

“Saat ini setiap orang harus melakukan pola tanam sehat, agar pertanian yang berkelanjutan tetap terjaga.” tutup Feryan.

Reporter : Ma’ruf
Editor : Dairobi


Artikel ini telah dibaca 193 kali

Loading...
Baca Lainnya