Berita Peristiwa

Jumat, 3 Juli 2020 - 06:17 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Rapat Pengurus LPPTKA BKPRMI Kota Blitar di Ponpes Bustanul Muta’alimin Dawuhan Menggagas “TPQ Tangguh”

Rapat Pengurus LPPTKA BKPRMI Kota Blitar di Ponpes Bustanul Muta’alimin Dawuhan Menggagas “TPQ Tangguh”

Menyambut Era New Normal, LPPTKA BKPRMI Kota Blitar Gagas “TPQ Tangguh”

MATABLITAR.COM– Pandemi Covid-19 berdampak signifikan bagi kehidupan masyarakat. Terdapat penyesuaian-penyesuaian baru atau “new normal” dengan protokol kesehatan yang direkomendasikan oleh Pemerintah melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan, agar kehidupan masyarakat tetap berjalan di tengah Pandemi Covid-19. Salah satunya adalah lembaga pendidikan non formal seperti Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ).

Di tengah Pandemi Covid-19 ini, Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Quran (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Blitar menggelar rapat pengurus di Ponpes Bustanul Muta’alimin Dawuhan, untuk menggagas “Launching TPQ Tangguh” di Kota Blitar (02/07/2020).

Baca Juga : PMII Blitar Gruduk Mapolres Blitar Untuk Audiensi Mengenai Kekerasan Mahasiswa di Pamekasan

Alim Sulaiman, selaku Ketua LPPTKA BKPRMI Kota Blitar menjelaskan, sejumlah TPQ di kota Blitar telah melaksanakan konsep TPQ Tangguh dan telah melaksanakan kegiatan belajar mengaji. Tujuan dilaksanakannya TPQ Tangguh di Kota Blitar untuk memberikan pendidikan Al-Quran kembali dengan protokol kesehatan.

“TPQ Tangguh ini kita gagas agar pendidikan Al-Quran bisa berjalan kembali setelah vakum karena Pandemi Covid-19. Pembelajarannya akan kita sesuaikan dengan arahan pemerintah dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.” Jelas Alim.

Mengenai Launching pelaksanaan, pihaknya akan mengadakan rapat kembali dengan mengundang Kepala TPQ se-Kota Blitar.

“Untuk tanggal pelaksanaan (Launching, Red), kita akan berkoordinasi dengan beberapa kepala TPQ. Saya minta doa restunya, agar pelaksanaan sesuai dengan yang kita harapkan.” Jelasnya.

Di lain sisi, Ketua DPD BKPRMI Muchtar Lubby atau Gus Lubby mengatakan, penggagasan TPQ Tangguh di Kota Blitar dapat dijadikan sarana edukasi bagi santri TPQ agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

“Penerapan protokol kesehatan di TPQ Tangguh akan memberikan edukasi bagi santri TPQ. Hal ini bertujuan agar santri juga mengedukasi lingkungan sekitar termasuk pada orang tuanya.” Jelasnya.

Tanggulangi Stunting, PKH Kebonduren Adakan Senam Bersama dan Lomba Memasak

Untuk program Launching TPQ Tangguh akan diterapkan dibeberapa TPQ di Kota Blitar. Dengan satu kecamatan diwakili dua TPQ sebagai rool model. Adapun TPQ di Kota Blitar yang akan dijadikan rool model penerapan TPQ Tangguh, antara lain:

1. TPQ Baitunnur, Bendogerit Sananwetan
2. TPQ Al-Hasyim, Klampok Sananwetan
3. TPQ At-Tohiron, Tlumpu Sukorejo
4. TPQ Al-Basmallah, Blitar Sukorejo
5. TPQ Al-Huda Ngadirejo Kepanjenkidul
6. TPQ Taman Firdaus Kep. lor Kepanjenkidul.

 

Reporter : Tofa
Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 313 kali

Loading...
Baca Lainnya