Berita Peristiwa

Minggu, 23 Agustus 2020 - 06:18 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Baritan Warga Lingkungan Tanggung Bence Kecamatan Garum Kabupaten Blitar

Baritan Warga Lingkungan Tanggung Bence Kecamatan Garum Kabupaten Blitar

Warga Bence Garum Selenggarakan Baritan Sambut Satu Syuro

MATABLITAR.COM- Menyambut semarak tahun baru hijriah, banyak masyarakat yang menggelar tasyakuran dan atau Do’a bersama, tradisi ini sudah berjalan turun temurun.

Sebagaimana di Lingkungan Tanggung Kelurahan Bence Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, warga mengadakan acara tasyakuran. Masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah baritan.

Baca Juga : Memperingati Kemerdekaan, LPPTKA-BKPRMI Kota Blitar Ziarah Ke Makam Bung Karno

Pada Sabtu malam (22/08/2020). Warga setempat berkumpul di jalan Desa yang telah digelar tikar sebagai alas. Seperti pada umumnya, jalan dipilih sebagai tempat untuk pelaksanaan baritan. Jalan Dr Soetomo yang terletak di Lingkungan Tanggung dipilih sebagai tempatnya.

Salah satu tokoh masyarakat mengatakan “Kegiatan semacam ini sudah menjadi tradisi turun temurun setiap tahunnya,” tutur Purwanto ketua RT 2/4 Lingkungan Tanggung.

Terlihat setiap warga membawa beberapa kotak makanan untuk dibagikan kepada warga yang lain. Do’a bersama dipimpin salah satu tokoh lingkungan.

Saat disinggung mengenai penggagas acara, ia menambahkan, para warga di lingkungannya yang bersepakat untuk menyelenggarakan acara baritan.

Baca Juga : Pers Mahasiswa Unisba Blitar, Beri Dedikasi Warga Binaan Lapas II A Blitar

“Alhamdulillah warga lingkungan sangat kompak untuk membuat acara seperti ini,” tambahnya.

Dirinya berharap kegiatan seperti ini tetap berlangsung setiap tahunnya. Agar tradisi baritan tidak luntur ditelan perkembangan zaman.

Reporter : Ma’ruf
Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 226 kali

Loading...
Baca Lainnya