Berita

Minggu, 4 Oktober 2020 - 08:28 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Sertifikasi Kompetensi Kerja Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Sari Luhur

Sertifikasi Kompetensi Kerja Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Sari Luhur

P4S Gelar Kompetensi Keahlian Sebagai Solusi Ciptakan Masyarakat Siap Kerja

MATABLITAR.COM – Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Sari Luhur menyelenggarakan acara Sertifikasi Kompetensi Kerja. Sabtu, (03/10/2020) Pagi.

Dalam pelatihan itu, ada dua kompetensi yang diujikan kepada setiap peserta. Pertama, skema pestisida organik. Kedua, pengolahan selai. Pelatihan bertempat di P4S Sari Luhur yang berlokasi di Karangsari Sukorejo kota Blitar.

Baca Juga : Cetak Kader Militan, PMII UNISBA Blitar Gelar PKD

Kegiatan dimulai pada pukul 8 pagi, dan selesai jam 1 siang. Masing-masing kompetensi didampingi oleh dua asesor yang menguji.

“Pelatihan seperti ini sangat berguna, terutama untuk memberdayakan masyarakat. Agar kita semua mempunyai keterampilan,” kata Ahmad Shodiq, salah satu peserta dari golongan Mahasiswa.

Menurut Shodiq, kegiatan seperti ini akan lebih maksimal jika diadakan di tempat yang lebih layak. Bukan di tempat yang sempit, apalagi di tempat rumahan.

“Saya berharap, lain kali kegiatannya diselenggarakan di tempat yang lebih luas. Sehingga prinsip-prinsip penjaminan mutu tetap terjaga, hal ini terkhusus untuk yang selai. Pasalnya saya kurang mengetahui untuk kompetensi yang pestisida nabati,”

Dari pantauan media, setiap peserta harus mempraktekkan kompetensi sesuai yang mereka inginkan. Dengan bantuan arahan dari asesor. Semua peserta sangat antusias mengikuti pelatihan hingga tuntas.

Baca Juga : Dukung Pola Tanam Sehat, Pemdes Kalitengah Gelar Pelatihan Pupuk Organik

Luhur Aditya selaku bagian Diklat dan Magang P4S mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan agar kompetensi dari peserta terlihat. ” Kegiatan ini untuk mengetahui kompetensi peserta di bidangnya khususnya pertanian,” katanya.

Ia menambahkan, diharapkan peserta punya kompetensi dan siap bersaing di dunia kerja. “Dengan adanya uji kompetensi diharapkan peserta mempunyai kompetensi di dunia kerja dan siap dalam menghadapi persaingan kerja,” tambahnya.

Reporter : Ma’ruf
Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 108 kali

Loading...
Baca Lainnya