Dukung Gerakan Menanam, Warga Kedungbiru Tanam Ratusan Pohon

Warga Kedungbiru Panggungrejo Saat Menanam Pohon

MATABLITAR.COM- Gerakan Blitar Menanam merupakan program yang digaungkan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar menyikapi menyempitnya lahan hutan di wilayah Kabupaten Blitar. Penanaman dilakukan pada Minggu, (29/11/20).

Program tersebut disambut baik oleh Bank Jatim Cabang Blitar yang menurunkan program CSR sebanyak 10 ribu bibit pohon yang disalurkan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing, PMII Unisba Gelar Kelas Bahasa Inggris

Salah satu yang mendapatkan bantuan bibit ini adalah Dusun Kedungbiru Desa Kalitengah Kecamatan Panggungrejo. “Kami mendapatkan total 500 bibit yang terdiri dari Bibit Alpukat, Tabebuya, dan Ketepeng Kencana,” ujar Saiful Agus Arifin, Kepala Dusun Kedungbiru.

Bibit Ketapang Kencana dan Tabebuya yang diperoleh ditanam di sepanjang jalan raya Dusun Kedungbiru sementara bibit Alpukat ditanam warga di lahan masing-masing.

“Buah alpukat adalah buah faforit bagi warga karena selain rasanya yang enak, harga pasaran nya juga stabil, semoga kedepan bisa menjadi sentra alpukat”, ujar Saiful.

Ia menambahkan untuk pembagian bibitnya tidak merata, sebab ada keterbatasan bibit. “Bibit Tabebuya dan Ketepeng Kencana yang kami dapat lami tanam di wilayah RT 01 RW 01 dan sebagian di RT 02 RW 1 karena hanya mencukupi untuk di sekitar itu, sedangkan alpukat dibagikan kepada warga yang berminat untuk menanam,” tambahnya.

Baca Juga : 5 Tahun Tidak Berfungsi, Embung Kedungbiru Kini Menjadi Wisata Pemancingan

Penanaman dilaksanakan pada pagi hari oleh warga bersama pamong setempat, dilakukan secara bersama-sama.

“Saya sangat senang, bibit Tabebuya dan ketepeng saya tanam di pinggir jalan, dan alpukat saya tanam di ladang saya” Ujar Boiran, salah seorang warga Dusun Kedungbiru.

Reporter : Nasa
Editor : Fikri

Pos terkait