Berita Peristiwa

Minggu, 8 November 2020 - 19:39 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Ahmad Izzudin Saat Mengisi Materi MAPABA PMII

Ahmad Izzudin Saat Mengisi Materi MAPABA PMII

Gelar Mapaba, PMII UNISBA Blitar Ingin Lanjutkan Regenerasi

MATABLITAR.COM Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Madjapahit Universitas Islam Balitar (UNISBA) menyelenggarakan masa penerimaan anggota baru (Mapaba) selama tiga hari. Kegiatan itu diselenggarakan sejak tanggal 6–8 November 2020 di pondok pesantren Maftahul Uluum Jatinom Kanigoro Blitar Rest.

Sejauh kegiatan Mapaba berlangsung, peserta yang berjumlah 34 orang mengikuti jalannya kegiatan dengan baik. Terpantau, antusiasme dari peserta sangat tinggi saat menerima materi yang diberikan.

Baca Juga: Pengurus Baru Fatayat NU Kabupaten Blitar Resmi Dilantik

Ulya Ulfa selaku ketua panitia mengatakan para peserta Mapaba berasal dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Blitar. “Peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya berasal dari kampus Unisba Blitar saja, tercatat yang mendaftar juga ada yang berasal dari kampus sebelah. Mereka berasal dari UNU Blitar dan AKN Putra Sang Fajar,” katanya.

Menurut penuturan perempuan yang biasa disapa Ulya ini, pemilihan lokasi di Pondok Pesantren bukan tanpa alasan. Baginya PMII harus bersinergi dengan pesantren yang telah banyak melahirkan tokoh-tokoh besar.

“Sebenarnya pemilihan lokasi ini juga telah saya pikir dengan sahabat-sahabati yang lain. Kebanyakan organisasi lain melakukan kegiatan semacam ini pasti tidak di pesantren. Saya ingin PMII juga harus berperan untuk menjaga keutuhan NKRI, salah satunya dengan tetap dekat dengan pesantren,” tambahnya.

Sementara itu, Muhammad Thoha Ma’ruf yang saat ini menjadi Ketua Komisariat PMII Madjapahit UNISBA Blitar menuturkan, tujuan dari Mapaba ini sendiri untuk melanjutkan proses regenerasi di dalam tubuh organisasi.

“Dalam suatu organisasi tentu sebuah pembaharuan setiap tahunnya, bagaimana agar organisasi tersebut tidak mati. Sehingga terus bisa mencetak mahasiswa yang berkualitas,” ujarnya.

Baca Juga : NASIB SANG USANG KARNA ULAH BERUANG

Terkait harapannya kepada para mahasiswa yang baru saja mengikuti kegiatan Mapaba, ia menjelaskan agar mereka senantiasa mengingat tri darma perguruan tinggi saat menjadi seorang mahasiswa seperti sekarang.

“Kebanyakan mahasiswa saat ini abai akan tugas sebagai seorang mahasiswa. Saya harap mereka benar-benar bisa menerapkan pendidikan, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat. Agar esensi dari seorang mahasiswa bisa terpenuhi. Dan untuk pengabdian itu sangat penting, karena bagaimanapun mereka juga akan kembali ke lingkungan masyarakat” pungkasnya.

Reporter : Nasa
Editor : Fikri


Artikel ini telah dibaca 140 kali

Loading...
Baca Lainnya