Resmi Berlisensi BNSP, UNU Blitar Wujudkan Cita-Cita Miliki Lembaga Sertifikasi Profesi

  • Whatsapp
Serah Terima Lisensi dari BSNP Oleh Wakil Ketua BNSP, Miftakul Azis kepada Direktur LSP P1 UNU Blitar, Siti Karomah, M.Pd di Surabaya. Sabtu, (10/04/2021).

MATABLITAR.COM- Lembaga Sertifikasi Profesi (P1) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, di bawah naungan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar secara resmi telah memiliki lisensi LSP-P1 (Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama) dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Lisensi dari BSNP ini diserahterimakan langsung oleh Wakil Ketua BNSP, Miftakul Azis kepada Direktur LSP P1 UNU Blitar, Siti Karomah, M.Pd di Surabaya. Sabtu, (10/04/2021).

Saat di hubungi awak media, Siti Karomah menjelaskan, Bahwa lisensi tersebut sekaligus mewujudkan cita-cita UNU Blitar untuk memiliki LSP sendiri sejak pertama kali dicetuskan Tahun 2019 lalu. Bahkan, melalui perjuangan panjang, akhirnya UNU Blitar menjadi perguruan tinggi pertama kategori Badan Hukum Perkumpulan Nahdlatul Ulama se-Indonesia yang memiliki LSP P1.

Bacaan Lainnya

Berbekal lisensi dari BNSP, LSP UNU Blitar dapat menyelenggarakan uji kompetensi bagi mahasiswanya. Siti Karomah mengungkapkan LSP merupakan lembaga baru dan penting perannya di lingkungan civitas akademik UNU Blitar.

Baca Juga : Tingkatkan Mutu Institusi, UNU Blitar Menggelar Workshop Melalui SPMI

“LSP P1 UNU Blitar merupakan Lembaga dibawah naungan BNSP, yang untuk operasionalnya harus ada lisensi dan memiliki skema sertifikasi yang sudah diverifikasi dan ditetapkan oleh BNSP. Dimana saat ini kita mempunyai 11 skema sertifikasi yang telah diverifikasi oleh BNSP, maka LSP UNU Blitar dapat melaksanakan uji kompetensi kerja bagi mahasiswa sesuai skema-skema sertifikasi tersebut” terangnya.

Lebih lanjut Siti Karomah menjelaskan, manfaat dari sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa adalah memperoleh pengakuan secara nasional, dalam bidang kerja tertentu dan tentunya akan berimbas pada peningkatan mutu.

“Sertifikasi kompetensi ini dapat menunjang ijazah untuk memperkuat kapasitasnya sesuai bidang dan skema kompetensi yang dimiliki.” jelasnya.

Baca Juga : JEJAK 3 ULAMA’ BLITAR DI PENGASINGAN BANDA NAIRA

Sementara itu, Rektor UNU Blitar, sekaligus Dewan Pengarah LSP P1 UNU Blitar, Prof. Dr. H. M. Zainuddin mengatakan, bahwa lisensi LSP-P1 yang telah diperoleh oleh LSP UNU Blitar ini sebagai upaya mempermudah mahasiswa UNU Blitar untuk memperoleh sertifikasi kompetensi.

“Alhamdulillah, dengan memperoleh lisensi dari BNSP kepada LSP P1 UNU Blitar, tentunya menjadi sebuah kebanggaan dan motivasi bagi universitas, untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas lulusan kami. Sehingga, alumni kami nantinya mampu bersaing dengan para pencari kerja lainnya.” pungkasnya.

Pos terkait