Wujudkan Rasa Humanis, PMII Rayon Teknik Unisba Blitar Gelar Donor Darah Bersama

  • Whatsapp
Anggota PMII Rayon Teknik Unisba Blitar saat mendonorkan darahnya di UTD PMI Kota Blitar, Sabtu (10/4/2021)

MATABLITAR.COM- Guna mewujudkan rasa humanisme terhadap sesama, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Teknik Komisariat Madjapahit Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar kembali menggelar kegiatan donor darah yang bertempat di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Blitar, Sabtu (10/04/2021).

Ketua PMII Rayon Teknik Unisba, Sugeng Hariono menjelaskan, donor darah merupakan salah satu program kerja samanya dengan PMI Kota Blitar. Donor darah ini dilaksanakan rutin setiap 3 bulan sekali. Tujuannya untuk mewujudkan sikap peduli dan sukarela dalam membantu sesama, khususnya terhadap kebutuhan stok darah bagi orang-orang yang kekurangan darah.

Baca Juga : Resmi Berlisensi BNSP, UNU Blitar Wujudkan Cita-Cita Miliki Lembaga Sertifikasi Profesi

“Dari sekitar 25 peserta yang mendaftar, terdapat 16 peserta yang berhasil donor dan sisanya tidak lolos. Ketidaklolosan peserta disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, darah rendah, kandungan hemoglobin tinggi, sedang tidak fit, dan lain-lain,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, tambah Sugeng, banyak orang di luar sana yang sangat membutuhkan darah. Diadakannya acara ini memberikan kesempatan pada orang-orang yang ingin atau yang belum pernah mendonorkan darah, untuk ikut bersumbangsih terhadap orang lain.

Baca Juga : Cerita Sukses Owner Marcom Group Membangun Usaha

“Mungkin harapannya, untuk yang belum pernah donor bisa mengawali donornya, bagi yang masih pertama kali, bisa menjadi kebiasaan untuk mendonorkan darahnya. Beramal tidak hanya uang ataupun barang, tetapi juga bisa dengan bagian dari tubuh kita seperti darah kita. Kalau bukan kita siapa lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, menanggapi kegiatan dari donor darah mahasiswa, Sekretaris PMI Kota Blitar, Eko Harianto mengungkapkan apresiasinya kepada mahasiswa yang telah rela memberikan bantuan terhadap sesama. Apalagi saat ini PMI Kota Blitar masih gencar melakukan jemput bola donor darah.

“Joss, bersama untuk membantu sesama. PMII peduli untuk negeri,” ungkapnya.

Pos terkait