Tindak Lanjuti Kerjasama PPKH dan HIPKI Blitar, Pendamping PKH Jaring Peserta Kursus Gratis

  • Whatsapp
Sosialisasi Kursus Ketrampilan Gratis di Penerima Manfaat PKH Desa Jabung Talun

MATABLITAR.COM- Menindaklanjuti kerjasama antara Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kab. Blitar dengan Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (HIPKI) Kabupaten Blitar, pendamping sosial PKH di kecamatan Talun, menjaring peserta dari keluarga penerima manfaat PKH sebagai peserta kursus gratis. Kamis, (03/06/2021).

Dijelaskan oleh Putut Dairobi selaku Korcam Pendamping PKH Talun, pihak nya hari ini telah melakukan sosialisasi dan penjaringan kepada peserta PKH Desa Jabung. Kegiatan dilakukan dua gelombang untuk mematuhi protokol kesehatan, yakni jam 09.00 – 10.30 untuk gelombang pertama, dan jam 10.30 – 12.00 untuk gelombang kedua.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Ini Kata kata yang Wajib Diketahui Bagi yang Lagi Belajar Bahasa Inggris Pemula

“Ini sebenarnya kegiatan pertemuan rutin kelompok PKH, karena ada informasi terkait kursus gratis, maka sosialisasinya kita inklutkan,” tutur Putut.

“Syarat utama peserta kursus ini, usia masih antara 17 tahun sampai dengan 25 tahun, dan berstatus sudah tidak sekolah, juga belum terikat kontrak kerja,” imbuhnya.

Tampak hadir dalam kegiatan yang dingelar di Kantor Desa Jabung ini, Ibu Endang Pengurus HIPKI kab. Blitar dan Bapak Keifas dari LKP Kinayung Darma Bajang Talun.

“Ada banyak ragam kursus gratis yang bisa dipilih dalam progam ini, diantaranya; Tata busana, pijat refleksi, tata kecantikan rambut, tata kecantikan wajah, rias pengantin, membatik, mengemudi, komputer dan lain sebagainya,” jelas Bu Endang dalam penyampaian materinya.

Sementara itu Moh. Asrofi selaku koordinator Kabupaten PKH Blitar, saat di konfirmasi terpisah menjelaskan. Kerjasama PKH dengan HIPKI bisa jadi salah satu upaya pengembangan PKH, untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dimana anggota keluarga PKH yang putus sekolah, atau yang tidak bisa sekolah di perguruan tinggi dapat mengikuti kursus ketrampilan gratis.

Baca Juga : Membincang Wisata Halal Bersama Akademisi Pariwisata

“Setidaknya ada 20 an Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di kabupaten Blitar, pada tahun ini akan mengajukan penyelenggaraan Progam Kecakapan Kerja (PKK), yang di danai oleh pemerintah,” tutur Asrofi.

“Saya berharap semua pendamping PKH di Kabupaten Blitar dapat memanfaatkan peluang baik ini, dengan cara memaksimalkan penjaringan peserta dari keluarga penerima manfaat PKH.” Pungkasnya.

Pos terkait