Tingkatkan Budaya Mutu Kualitas Pendidikan, STITMA Blitar Gelar Orientasi dan Lokakarya

MATABLITAR.COM Struktural Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Misbahudin Ahmad (STITMA) Blitar gelar orientasi dan lokakarya sistem penjaminan mutu internal (SPMI), Selasa (20/6/2023) siang. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang VIP R1 Wisata edukasi Kampung Coklat Blitar.

Dengan tema “Membangun Budaya Mutu di Perguruan Tinggi”, diharapkan forum ini dapat menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh pejabat STITMA dan upaya peningkatan dalam kualitas pendidikan.

Salah satu narasumber, Redhitya Wempi Ansori, M.Pd sekaligus Dosen STITMA Blitar memaparkan jika dalam membangun budaya mutu hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun dan memperbaiki internal driver lembaga dulu. Menurutnya sistem internal lembaga harus ditata seideal mungkin sebelum mengatur hal-hal apa saja yang di luar lembaga.

“Visi misi adalah patokan awal dalam menjalankan sebuah lembaga pendidikan,” paparnya.

Redhitya Wempi menambahkan urutan dokumen yang harus dipersiapkan sebelum proses akreditasi adalah RIP – RENSTRA – RENOP – SPMI. SPMI dibagi menjadi 4 yakni kebijakan mutu, manual mutu, standar mutud, dan formulir mutu. Apabila keempat dokumen tersebut tidak ada, sebaik apapun perguruan tinggi dan prestasinya maka perguruan tinggi tersebut tidak akan bisa terakreditasi.

“Keempat dokumen tersebut harus di godok dulu dan diacc oleh senat kampus,” urainya.

Terakhir, pihaknya menjelaskan jika pola pikir dan pola sikap civitas akademika harus mengarah pada SPMI supaya tahu dan paham betul terkait substansi daripada spmi itu sendiri.

“Semoga semua paham dan mengerti akan hal ini, karena ini memang penting diketahui oleh semua civitas di jenjang perguruan tinggi,” tandasnya.***

Author : Ahmad Izzudin

Pos terkait