Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Upaya Memakmurkan Masjid: Masjid Baitur Rohim Sanankulon Gelar Program 'Jumat Berkah'

Mei 17, 2024 WIB
    Share

 

Upaya Memakmurkan Masjid: Masjid Baitur Rohim Sanankulon Gelar Program 'Jumat Berkah'

MATABLITAR.COM - Sanankulon - Takmir Masjid Baitur Rohim di Sanankulon hari ini, Jumat 17 Mei 2024, telah memulai kegiatan rutin Jumat Berkah, sebagai salah satu upaya dalam memakmurkan Masjid.


Tujuan Jumat Berkah adalah sebagai sarana untuk menyebarkan ajaran agama yang menggarisbawahi pentingnya praktik kebersamaan dan berbagi sesama melalui sedekah makanan.


Minggu sebelumnya, Takmir Masjid Baitur Rohim Dusun Kuntulan, Desa Sanankulon, Kec. Sanankulon menggelar rapat untuk merencanakan peran masjid sebagai ruang sosial tanpa batasan kelas sosial, di mana masyarakat bisa bersatu dalam ruang yang sama untuk silaturahmi dan memecahkan masalah bersama.


Kepala Desa Sanankulon, Eko Triono, yang aktif dalam sholat Jumat di masjid Baitur Rohim, menekankan pentingnya menjadikan masjid sebagai pusat pelestarian tradisi, kolaborasi, dan solusi sosial.


"Melihat bahwa fungsi Masjid di Desa sebagai pusat pelestarian tradisi, gotong royong dan pusat pemecahan masalah kemasyarakatan, maka penting masjid kita ini di makmurkan dan di ramaikan dengan kegiatan peningkatan religius masyarakat," tutur Eko Triono


"Maksudnya, masjid bukan saja tempat Shalat, tetapi juga sebagai pusat pendidikan, pengajian keagamaan, dan peningkatan SDM masyarakat sekitar, tentunya dengan menjadikan Masjid sebagai home base." Tandasnya.


Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Baitur Rohim, Kiai Sutarji, menyampaikan bahwa kegiatan rutin Istighosah Seloso Kliwonan menjadi bagian dari inisiatif Jumat Berkah untuk meningkatkan kegiatan religius masyarakat.


"Salah satu program mingguan yang saat ini di jalankan dan di putuskan dalam hasil rapat Takmir Masjid Baitur Rohim adalah jumat Berkah," ungkap Kiai Sutarji.


"Sebelumnya Juma'at Berkah di Masjid belum begitu aktif berjalan, ada beberapa warga secara berganti tidak pasti membawa makanan, minuman ataupun jajanan ke masjid, dan tidak selalu mencukupi untuk Jamaah jum'at yang hadir," lanjutnya.


Masih Kiai Sutarji, Dalam upaya memastikan keberlangsungan Jumat Berkah, hari ini setiap pengurus Takmir membawa 5 kotak nasi atau lebih untuk memastikan cukupnya makanan bagi jamaah yang hadir.


Sedangkan Bendahara Takmir Masjid Baitur Rohim, Hendrik, menerangkan antusiasme anak-anak sekitar masjid untuk mengikuti sholat Jum'at semakin meningkat, apabila kegiatan ini terus istiqomah di jalankan.



Takmir juga mengundang partisipasi aktif dari masyarakat dengan menghubungi mereka untuk menyumbangkan makanan atau bahan mentah, dengan harapan kegiatan ini akan menjadi rutin setiap Jumat.


"Takmir tidak menentukan bentuk sedekah berupa nasi kotak, tetapi bebas mau bersedekah dalam bentuk apapun, baik jajanan, minuman atau bahkan Bahan mentah, beras sayur, kopi, gula dan lainya yang akan di olah bagian dapur Masjid Baitur Rohim." Terang Hendrik.  (Fath/red).