Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ngaji Bab Qurban Idul Adha Bersama Kiai Dinul Qoyim

Januari 11, 2024 WIB
    Share

matablitar.com - Idul Adha (Qurban) merupakan salah satu amalan umat Islam yang diawali dari kisah Nabi Ibrahim AS. yang mana Nabi Ibrahim setelah menikah begitu lama hingga akhirnya memiliki anak yaitu Isma'l.

Kecintaan Nabi Ibrahim AS. Kepada Ismail begitu tinggi hingga akhirnya Allah SWT. menguji ketaatannya (Nabi Ibrahim) kepada Allah SWT.

Pada suatu hari melalui mimpi Nabi Ibrahim AS. diperintah oleh Allah untuk menyembelih anak tercintanya, yakni Isma'il, tentu ini awalnya sesuatu yang sangat berat.

Kemudian Nabi Ibrahim AS. menemui Isma'il dan menceritakan mimpinya tentang perintah Allah SWT tersebut. Begitu mendengar cerita dari Ayahnya, Isma'il tanpa keberatan suatu apapun langsung mempersilahkan ayahnya untuk segera melaksanakan.

Kisah ini memberi tauladan kepada kita semua bahwa kecintaan terhadap dunia (mahluk) janganlah mengalahkan ketaatan kita kepada Allah SWT.

Qurban; adalah salah satu syariat yang memiliki hukum “Sunnah”. namun begitu, Qurban memiliki tata cara juga syarat yang sangat penting kita perhatikan, sehingga amalan Qurban kita mendapatkan fadillah dan tidak sia-sia.

Qurban yang semula memiliki hukum Sunnah juga bisa menjadi wajib. Mengapa mejadi wajib, tentu pasti ada sebab musababnya.

Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan dari Kiai Dinul Qoyim (Wakil Katib PCNU Kab. Blitar) dalam Podcast di channel YouTube Mata Blitar.