Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengenalkan Ajaran Agama Kepada Anak Usia Dini dengan Pondok Ramadhan di TK AL Hidayah Jingglong dan Paud Bina Ilmu

Maret 30, 2024 WIB
    Share

 

Mengenalkan Ajaran Agama Kepada Anak Usia Dini dengan Pondok Ramadhan di TK AL Hidayah Jingglong dan Paud Bina Ilmu

MATABLITAR.COM - Sutojayan - Pada bulan suci Ramadhan, TK AL Hidayah Jingglong dan Paud Bina Ilmu Jingglong menyelenggarakan Pondok Ramadhan untuk memperkenalkan anak-anak pada praktik langsung rukun Islam seperti Syahadat, Sholat, Puasa, dan Berbagi kepada sesama.


Rurin sebagai Guru TK Al Hidayah Jingglong Sutojayan menjelaskan, "Tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak-anak belajar mandiri untuk beribadah di sekolah dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT," tutur nya. Sabtu, (30/03/2024).


Kegiatan ini, kata Rurin, telah dirancang dengan baik, dimulai dari hari Senin hingga Kamis, 25-28 Maret 2024 dengan melaksanakan Safari Ramadhan, termasuk praktik Wudhu dan Sholat Dhuha di mushola Nurochim pada pukul 07.30 - 08.15 WIB.


Kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran Keagamaan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Pondok Ramadhan dari Provinsi Jawa Timur.


Hari Sabtu menjadi hari penutupan Pondok Ramadhan, di mana TK AL Hidayah Jingglong dan Paud Bina Ilmu Jingglong mengadakan berbagai kegiatan, termasuk persiapan takjil yang melibatkan paguyuban wali murid untuk membungkus makanan pokok yang akan dibagikan kepada masyarakat yang lewat di depan sekolah.


Siswa Siswi TK Al Hidayah Jingglong dan Paud Bina Ilmu Jingglong Berbagi Takjil Berupa Bahan Makanan Pokok


Ada perubahan menarik dalam jenis takjil yang disajikan oleh TK AL Hidayah Jingglong dan Paud Bina Ilmu Jingglong. Tahun ini, mereka membagikan bahan makanan pokok, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya membagikan makanan jadi.


"Kami memutuskan untuk berbagi takjil yang berbeda tahun ini karena sudah tiga tahun berturut-turut kami membagikan makanan jadi. Kami ingin membagikan sayur dan lauk mentah agar dapat dinikmati bersama keluarga," Jelas Rurin.


Agenda selanjutnya dalam pondok Ramadhan, termasuk Nonton Bareng kisah Nabi dan Dongeng Rakyat, persiapan puasa bedhuk bagi yang berpuasa, serta kegiatan Mengaji Iqro.


Setelah itu, pulang ke rumah dan kembali ke sekolah bersama wali murid untuk membaca Yasin dan Tahlil, serta berbuka bersama sebelum melaksanakan Sholat Maghrib berjamaah dan pulang ke rumah masing-masing. (Binti/red)